Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pembelian Suplemen Kesehatan Secara Online Tidak Masalah, Pastikan Cek Beberapa Hal

Jika ingin membeli obat secara online harus memastikan secara tepat, benar, dan tidak asal beli.

doc. dr. Ita
Dokter Umum Internship Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah, dr. Ita Rahmatika 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dokter Umum Internship Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah, dr. Ita Rahmatika mengatakan penjualan dan pembelian suplemen kesehatan obat atau vitamin secara online tidak ada masalah.

Namun menurutnya jika ingin membeli obat secara online harus memastikan secara tepat, benar, dan tidak asal beli.

"Usahakan sebelum membeli suplemen tersebut konsultasikan dulu kepada yang lebih tau, entah itu dokter, bidan, perawat, ataupun Apoteker. Jangan asal beli," ungkap dr Ita kepada bangkapos.com, Selasa (4/8/2020).

Dia mengungkapkan untuk memastikan suplemen atau produk yang dibeli aman, beberapa hal penting yang seharusnya di cek terlebih dahulu, seperti apakah sudah terdaftar di BPOM atau tidak, komposisi suplemen, manfaat dan efek sampingnya, cari toko atau platform jual beli yang trusted, dan pilih produk yang pabreknya sudah besar dan terkenal.

"Semua standar tersrbut harus di cek, terutama jika belum terdaftar di BPOM, lebih baik untuk mencari alternatif suplemen atau obat-obatan yang lain dan penting untuk mengecek apakah produk yang terdaftar benar-benar barang yang sama atau tidak dengan yang akan kita beli,"ujarnya.

"Sementara itu di era belanja online saat ini, review dari konsumen yang lain jangan lupa untuk diperhatikan,"tambahnya.

Dikatakan dr Ita, di masa pandemi dengan adanya teknologi saat ini belanja online memang menjadi alternatif untuk mengurangi interaksi dengan orang lain.

"Tentunya kerugian belanja online pasti ada, terutama rentan kena tipu, barang palsu dan lainnya, tetapi kembali lagi ke kita masing-masing sebagai prmbeli untuk lebih cermat dan cerdas saat belanja online terutama jika membeli suplemen atau obat-obatan harus sesuai kebutuhan, produk baik, dan toko yang trusted" ucapnya.

Sementara untuk pembelian obat sejenis suplemen kesehatan, dia menyarankan untuk di beli secara langsung Toko yang terpercaya seperti Apotek.

"Membeli suplemen atau obat di apotik pun kita tetep harus cari tahu dulu sebelumnya tentang apa yang akan di beli, manfaat. Akan tetapi disini kita bisa beli langsung dan bertanya langsung ke ahlinya (apoteker) apa yang kita butuhkan,"kata dr. Ita

"Namun kalau melihat aspek kepraktisan, apalagi di musim pandemi gini, belanja online juga tidak apa-apa, asalakan suplemen atau obat yang kita beli terjamin," tuturnya.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved