Breaking News:

Markus Hadiri Groundbreaking Program KOTAKU di Desa Air Putih

Bupati Bangka Barat Markus menggelar groundbreaking proyek pembangunan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bantuan Pemerintah

Istimewa
Bupati Bangka Barat Markus SH melakukan peletakan batu pertama pembangunan proyek program KOTAKU di desa Air Putih, Rabu (5/8). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Barat Markus menggelar groundbreaking proyek pembangunan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) tahun 2020 di desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Rabu (5/8)..

Program KOTAKU yang digagas Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersebut merupakan pembangunan insfrastruktur berbasis masyarakat dengan melakukan perbaikan kualitas kawasan pemukiman kumuh di perkotaan.

Foto bersama usai peletakan batu pertama pembangunan proyek program KOTAKU.
Foto bersama usai peletakan batu pertama pembangunan proyek program KOTAKU. (Ist)

Markus menyatakan dukungan penuh atas dimulainya pembangunan rumah produksi dan pemasaran buah keranji yang menjadi kekhasan desa Air Putih.

Ia berharap dukungan kementerian lewat program KOTAKU dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat komoditi andalan desa Air Putih.

Kepala Desa Air Putih Ayun Permana menegaskan buah keranji memang selama ini dikenal sebagai komoditi andalan desanya.

Bahkan logo desa setempat juga memasukan buah keranji sebagai item andalan wilayah itu.

“Sekarang ini setiap desa mempunyai kekhasan, jangan sampai keranji yang jadi kekhasan Air Putih diambil desa lain. Maka kami mohon dukungan Pemda salah satunya soal label keranji agar tidak dijiplak orang,” kata Ayun.

Ayun mengapresiasi perhatian pemerintah pusat lewat program KOTAKU karena sangat membantu pihak desa dalam memproduksi dan memasarkan buah keranji ini ke depan.

“Keranji ini kita panen dua tahun sekali dan akan kita stok di BUMDES serta diolah di rumah pengolahan yang akan kita kirim ke Timur Tengah,” jelas Ayun.

Sekedar diketahui anggaran proyek pembangunan program KOTAKU dari Dirjend Cipta Karya Kementrian PUPR di desa Air Putih senilai Rp 1 miliar untuk lima item pekerjaan yakni pembangunan drainase lingkungan, jalan beton, jalan paving blok, pembangunan 1 unit rumh produksi, dan pembangunan 1 unit galeri pemasaran.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved