Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dana BOS Boleh buat Beli Kuota Internet, Lebih Dipentingkan untuk Menghadapi UN

Dia menyebutkan, paket internet yang dibeli dengan menggunakan dana BOS tersebut akan diberikan setiap bulan

Bangka Pos/Ira Kurniati
Plt Kepala Disdikbud Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pangkalpinang Eddy Supriadi mengatakan, dana bantuan operasional sekolah (BOS) bisa digunakan untuk membeli kuota internet siswa demi meringankan beban orang tua dan peserta didik.

"Namun, penggunaannya dapat disesuaikan masing-masing sekolah dengan porsi anggaran yang ada. Jadi, mereka bisa menggunakan itu untuk pembelian pulsa data internet untuk pembelajaran," kata Eddy, Kamis (6/8)

Hal tersebut disampaikannya menyusul banyaknya siswa yang mengalami kesulitan belajar daring karena kerap tak mempunyai kuota internet.

Menurut Eddy, tak semua orang tua mampu menyediakan paket internet untuk anaknya belajar di rumah. Terlebih, kondisi perekonomian saat ini tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Ini menjadi persoalan baru karena sekarang masyarakat itu susah ekonominya. Tidak semua orang tua mampu membelikan paket internet yang ada tuntutan daring sekolah anaknya dan harus beli paket setiap hari," ujar Eddy.

Dia menyebutkan, paket internet yang dibeli dengan menggunakan dana BOS tersebut akan diberikan setiap bulan, namun lebih dipentingkan untuk para pelajar yang nantinya bakal menghadapi ujian nasional (UN).

"Kan saat ini sudah banyak operator yang menyedia paket data yang banyak jumlahnya dengan harga yang cukup murah. Nah, yang lebih kita pentingkan untuk para pelajar kita yang duduk di kelas 6 SD dan kelas 3 SMP karena mereka bakal mengahadapi ujian nasional nantinya," tuturnya.

Menurut Eddy, seluruh sekolah tidak akan keberatan melakukan hal tersebut. Sebab, saat ini tidak ada kegiatan kesiswaan sehingga dana sebaiknya dikucurkan untuk membantu membeli kuota internet saja. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: suhendri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved