Breaking News:

MotoGP 2020

Mimpi Buruk Honda, Kehilangan Marc Marquez dan Mahkota Juara MotoGP 2020

Akibat cedera yang dialami Marc Marquez itu membuat Honda mengalami penundaan teknis yang harus dibayar mahal hingga beberapa tahun ke depan

Editor: Hendra
Dok. Twitter MotoGP
Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). 

BANGKAPOS.COM -- Honda merasakan dampak yang luar biasa akibat cedera parah yang dialami oleh pebalapnya Marc Marquez di sesi perdana MotoGP 2020 lalu.

Dengan cederanya  Marc Marquez, Honda akan kesulitan untuk mengembangkan motornya yakni Honda RC213V.

Awalnya Honda sangat percaya diri. HRC yakin mereka bisa mendominasi dalam waktu yang lama dari tim lain di MotoGP 2020

Bagaimana tidak? Di luar dugaan Honda melakukan gebrakan dengan memberikan kontrak istimewa kepada  Marc Marquez selama empat musim atau hingga akhir 2024 mendatang.

Hal sebaliknya justru terjadi,  Marc Marquez yang tengah berupaya mempertahankan mahkota juara bersama Repsol Honda harus mengalami kecelakaan hebat pada seri perdana MotoGP 2020.

Dalam sesi balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol itu, rider berjuluk The Baby Alien tersebut mengalami cedera patah tulang lengan kanan yang mengharuskannya naik meja operasi.

Alih-alih menepi untuk memulihkan kondisinya, Marc Marquez langsung datang lagi ke Jerez dan turun pada beberapa sesi meski akhirnya absen pada balapan MotoGP Andalusia 2020.

Situasi sulit kian membelit Honda setelah plat titanium di lengan kanan rider berusia 27 tahun itu rusak, dan hal itu membuatnya absen pada MotoGP Republik Ceska 2020 akhir pekan ini.

Cederanya Marc Marquez tentu juga akan berdampak untuk pengembangan motor RC213V yang sebagian besar menggantungkan feedback alias umpan balik darinya.

Kehadiran pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut tentu sangat diharapkan mengingat dia adalah satu-satunya rider yang mampu melesat dengan RC213V yang kini semakin sulit dikendarai.

Cedera yang juga dialami Cal Crutchlow membuat Honda kini otomatis bertumpu kepada Alex Marquez dan Takaaki Nakagami yang mampu finis di urutan keempat pada MotoGP Andalusia 2020.

Sebelumnya, Marc Marquez dan Honda akan mencoba beberapa perangkat baru pada akhir pekan balapan MotoGP Andalusia 2020 lalu, namun rencana itu urung terlaksana lantaran cedera.

Dilansir BolaSport.com dari laman PaddockGP, Honda sendiri mengandalkan banyak komponen versi 2019 untuk sasis, swingarm dan komponen-komponen pendukung aerodimanika lainnya.

Dan pada prinsipnya, tim berlogo sayap tunggal itu belum menghasilkan kemajuan yang cukup signifikan sejak mereka tampil ganas bersama Marc Marquez sepanjang musim 2019 lalu.

Di sisi lain, Takaaki Nakagami mengambil peranan penting setelah cederanya Marc Marquez dan Cal Crutchlow pada awal musim ini untuk membawa Honda terbang tinggi lagi.

Akibat cedera yang dialami Marc Marquez itu membuat Honda mengalami penundaan teknis yang harus dibayar mahal hingga beberapa tahun ke depan.

Sementara kesempatan ini juga akan dimanfaatkan oleh para tim kompetitor mengembangkan berbagai perangkat mereka agar bisa tampil maksimal dalam 11 balapan tersisa musim ini.

Kehilangan Marc Marquez juga berdampak pada posisi Honda dalam tabel klasemen konstruktor MotoGP 2020, dengan torehan 19 poin, mereka berada di urutan ketiga di bawah Yamaha dan Ducati.

Artikel ini sudah ditayangkan oleh bolasport.com dengan judul: Marc Marquez Alami Cedera, Pengembangan Motor Honda dalam Petaka

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved