Breaking News:

Berita Sungailiat

Polman Babel Ajarkan Pembuatan Blog Pada 58 Guru SMAN 1 Sungailiat

Polman Babel menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan mengenai pemanfaatan platform pembelajaran online di SMAN 1 Sungailiat

Ist/PKM Polman Babel
Dosen, mahasiswa Polman Babel foto bersama Guru SMAN 1 Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --- Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakan secara daring (dalam jaringan) bagi guru dan siswa.

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan mengenai pemanfaatan platform pembelajaran online di SMAN 1 Sungailiat, Rabu (05/08/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari merupakan salah satu wujud Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Polman Babel dalam menjalankan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi yang diikuti 58 guru SMAN 1 Sungailiat.

Pelatihan yang melibatkan dosen dan mahasiswa Polman Babel ini bertema Pelatihan Pembuatan Blog sebagai Media Pembelajaran dan Literasi Digital

Ketua tim PKM Polmanbabel, Sari Mubaroh mengatakan platform pembelajaran yang digunakan adalah edublogs yang dikhususkan untuk para guru.

"Guru bisa memanfaatkan blog ini sebagai blog pribadi, media pembelajaran maupun sarana literasi digital guru dan murid," kata Sari.

Dijelaskannya, penyelenggaraan pelatihan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 mengingat sekarang masih dalam situasi pandemi.

“ Pelatihan ini diselenggarakan dengan mengikuti protokol Covid-19. Tetap memakai masker, semprot disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh serta jarak tempat duduk yang sudah diatur. Sebanyak 58 guru kami bagi menjadi 2 kelompok secara terpisah dalam dua hari terhitung 4-5 Agustus 2020," ujar Sari saat dikonfirmasi, Kamis (06/08/2020).

Ia menjelaskan tutorial singkat belajar daring dilakukan dengan mengakses laman https://edublogs.org/. Lalu buat akun dengan akun educator bagi guru atau akun student bagi siswa.

Kemudian guru dapat membuat kelas dalam blog dengan cara invite student atau membagikan url kelas guru untuk diikuti siswa. Blog siswa nantinya akan terhubung secara langsung ke blog guru.

"Guru dapat memberikan materi melalui ketikan, link video youtube, link google dan guru juga dapat memberikan quiz. Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan di edublogs," jelasnya.

Kepala SMAN 1 Sungailiat, Efri Rantos juga sangat mengapresiasi adanya pelatihan ini yang sesuai dengan kebutuhan para guru dan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi perubahan era 4.0.

“Kami memang membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti ini untuk menambah alternatif media pembelajaran dalam proses belajar mengajar jarak jauh. Untuk itu kami semua baik guru muda maupun yang senior sangat antusias, “ujar Efri.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved