Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sempat Hilang Kontak, KM Sinar Hasil Laut Akhirnya Ditemukan di Perairan Kepulauan Riau

Pada pukul 13.00 WIB, lanjut Fazzli, RIB 01 Tanjungpinang sudah bersandar di kapal tersebut.

Ist/Basarnas Babel
Kapal Motor Surya Hasil Laut berhasil ditemukan di perairan Pulau Lalang Lingga, Kepulauan Riau, Kamis (6/8/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kapal Motor (KM) Surya Hasil Laut GT 10 yang diduga mengalami kecelakaan dan hilang kontak di perairan Pulau Bangka beberapa waktu lalu, akhirnya ditemukan di perairan Pulau Lalang Lingga, Kepulauan Riau, Kamis (6/8/2020).

Hal tersebut disampaikan Kepala Basarnas Babel, Fazzli.

Sekadar diketahui, KM Surya Hasil Laut GT 10 yang berlayar dengan rute Tebas Pemangkat Pontianak-Pangkalbalam (Bangka), diduga mengalami kecelakaan dan hilang kontak, Senin (3/8).

Lokasi kejadian diperkirakan berada di perairan Pulau Bangka.

Fazzli mengatakan, pada hari keempat operasi pencarian dan pertolongan, Kamis (6/8/2020), tim SAR gabungan mendapat informasi dari pemilik KM Surya Hasil Laut GT 10, Aciang, bahwa kapal tersebut berada di perairan Pulau Lalang Lingga, Kepulauan Riau.

"Kondisi KM Surya Hasil Laut mengalami mati mesin, saat itu kapal terombang-ambing dan mengikuti arah pergerakan angin dengan dibantu terpal yang dibentangkan di kapal tersebut dan menuju ke Selat Pulau Lingga Kepri," kata Fazzli.

Dia menyebutkan, menurut pengamatan pandangan dari Kapten Ambo selaku nakhoda, KM Surya Hasil Laut GT 10 diperkirakan bergerak menuju Selat Lima berjarak sekitar 5 NM dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang.

"Pukul 09.35 WIB tadi kita sudah berkoordinasi ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjung Pinang untuk dapat menggerakkan RIB atau Potensi SAR terdekat guna cepat mengevakuasi para ABK tersebut," ujarnya.

Pada pukul 13.00 WIB, lanjut Fazzli, RIB 01 Tanjungpinang sudah bersandar di kapal tersebut. Tiga anak buah kapal (ABK) yang berada di dalam KM Surya Hasil Laut diketahui dalam keadaan selamat dan sehat. Kapal tersebut mengalami mati mesin.

"Saat ini sedang dilakukan jamper aki supaya kapal itu bisa hidup dan berjalan pelan-pelan akan diarahkan ke Pelabuhan Penuba Pos SAR Unit Siaga Lingga sambil menunggu kapal dari agen tiba," tuturnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: suhendri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved