Breaking News:

Berita Sungailiat

Pengusaha Tambak Bangka Belitung Gelar Rapat Kerja, di Antaranya Bahas Perizinan

Puluhan pengusaha yang tergabung dalam Aliansi Petani Tambak Indonesia Nusantara (APTIN) Bangka Belitung, Sabtu (8/8/2020)

Istimewa
Tampak Raker APTIM Babel dan tampak suasana tambak udang serta suasana saat panen udang di sejumlah tambak udang di Propinsi Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Puluhan pengusaha yang tergabung dalam Aliansi Petani Tambak Indonesia Nusantara (APTIN) Bangka Belitung, Sabtu (8/8/2020) berkumpul membahas langkah kerja organisasi yang baru dibentuk.

Rapat kerja perdana di Sungailiat itu dihadiri Ketua APTIN Babel, Tommy Kito, Sekjen APTIN Babel, Nusirwan Bakrie, Sunasir Bendahara APTIN Babel, Jaya Koni Pengurus Organisasi dan puluhan anggota yang berasal dari berbagai kabupaten di Propinsi Babel.

Ketua APTIN Babel, Tommy Kito mengatakan sekitar 50 orang anggota tergabung dalam aliansi ini.

Komunitas pengusaha tambak itu menggeluti usaha tambak dalam luasan dan tempat yang berbeda.

Setiap usaha menyerap tenaga kerja cukup besar, diperkirakan ribuan pekerja tambak se Bangka Belitung.

"Ada sekitar 50 tempat usaha tambak udang di Bangka Belitung, ribuan tenaga kerja diserap. Belum lagi pembeli udang yang juga menyerap cukup banyak tenaga kerja. Sedikitnya 300 orang pekerja dilibatkan dalam usaha tambak di daerah ini," kata Tommy Kito menyebut dampak positif tambak udang yang telah membuka lapangan kerja di daerah.

Tommy mengatakan keberadaan tambak udang juga tentunya memberikan nilai positif bagi sumber protein masyarakat, termasuk menjadikan pendapatan asli daerah (PAD).

"Tapi yang perlu diperhatikan ketika kita akan buat tambak, lokasi atau tempat usaha harus strategis, antara lain jarak dari tiang listrik terakhir agar operasional tak membengkak," katanya.

Tommy juga mengingatkan anggota aliansi agar terbuka. Hal yang utama harus diperhatikan soal perizinan.

Sebab legalitas usaha tambak sangat diperlukan sehingga tak menjadi masalah pada kemudian hari.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved