Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Gaji ke-13 Pensiun PNS Bakal Cair, Ini Penjelasan PT Taspen Pangkalpinang

Komponen penghasilan pensiun ke-13 tahun 2020 bagi penerima pensiun/penerima tunjangan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga

Gaji ke-13 Pensiun PNS Bakal Cair, Ini Penjelasan PT Taspen Pangkalpinang
tribunnews.com
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Pangkalpinang memberikan informasi terkait pencairan gaji ke-13 untuk pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota TNI, Polri, serta pegawai non-PNS.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor:106/PMK.05/2020, pihak PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Pangkalpinang mengumumkan bahwa pembayaran gaji ke-13 untuk pensiunan akan dilakukan mulai Senin (10/8/2020).

"Pastinya untuk gaji pensiun 13 ini mulai dibayarkan Senin tanggal 10 Agustus 2020 nanti," kata Branch Manager PT Taspen Kantor Cabang Pangkalpinang, Karem, melalui keterangan resmi yang diterima bangkapos.com, Minggu (9/8/2020).

Karem menjelaskan, pembayarannya sesuai dan sebesar penghasilan bulan Juli 2020, serta tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain, kecuali potongan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah.

Komponen penghasilan pensiun ke-13 tahun 2020 bagi penerima pensiun/penerima tunjangan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan atau tunjangan tambahan penghasilan.

Dalam penerima pensiun dan penerima tunjangan menerima lebih dari satu penghasilan, maka pensiun 13 tahun 2020 akan diberikan salah satu yang jumlahnya lebih besar.

Sedangkan bagi penerima pensiun, dan penerima janda/duda atau penerima tunjangan, maka diberikan kedua-duanya pensiun ke-13 tahun 2020.

Sementara, bagi PNS dan pejabat negara yang pensiun terhitung mulai 1 Agustus 2020, maka pembayaran pensiun dilakukan oleh instansi.

"Pensiun 13 tahun 2020 tidak diberikan kepada pejabat negara yang masih aktif, bilamana pejabat negara dimaksud juga sebagai penerima pensiun (pensiun sendiri/janda/duda) maka berhak menerima pensiun 13 tahun 2020 pada pensiunnya," ujar Karem.

Pihaknya juga mengimbau agar para pensiunan berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Taspen. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: suhendri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved