Breaking News:

Pengakuan Pelaku Pencuri Sapi Limosin Rp40 Juta (VIDEO)

Penyidik Polsek Pemali Bangka sudah mengirimkan berkas perkara hasil penyidikan pada dua orang tersangka kasus pencurian Sapi Limosin.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Penyidik Kepolisian Sektor (Polsek) Pemali Bangka sudah mengirimkan berkas perkara hasil penyidikan pada dua orang tersangka kasus pencurian Sapi Limosin. Berikutnya penyidik menunggu petunjuk jaksa penuntut umum (JPU), sebelum perkara itu dilimpahkan ke Kantor Kejari Bangka.

"Berkas perkara sudah tahap satu. Hingga saat ini kita (Penyidik Polsek Pemali -red) masih menunggu petunjuk dari JPU (Kejari Bangka -red)," kata Kapores Bangka AKBP Widi Haryawan diwakili Kapolsek Pemali, Iptu AF Pulungan ditemui Bangka Pos, Senin (10/8/2020).

Mengenai berkas yang dikirimkan kata Kapolsek, telah dilengkapi pada berita acara pemeriksaan tersangka, pemeriksaan korban dan juga pemeriksaan saksi. "Sebelumnya saksi sudah kita periksa tiga orang. Yang pertama saksi korban, kemudian saksi anak buah korban dan yang ketiga saksi orang yang dititipkan sapi di Daerah Muntok Babar," katanya.

Sementara itu, tersangka yang sudah berhasil ditangkap pertama bernama Teguh Margono alias Teguh (TM), laki-laki berusia 39 tahun, Alamat Desa Terak Kecamatan Simpangkatis Bangka Tengah. Sedangkan tersangka kedua bernama Tukimin alias Mimin (TK), usia 48 Tahun, Alamat Dusun Muntabak Desa Penyamun Kecamatan Pemali Bangka, pekerja di peternakan korban.

Dua orang tersangka hingga Senin (10/8/2020) masih mendekam di balik jeruji besi, Ruang Tahanan Polsek Pemali sambil menunggu perkara dilimpahkan ke penuntut umum. "Tersangka dua orang dijerat Pasal 363 KUHP. Barang bukti berupa satu ekor sapi kita titipkan di tempat korban (Peternakan Dusun Muntabak Desa Penyamun)," kata Kapolsek seraya menyebutkan, jika nanti berkas sudah dinyatakan lengkap (P21), maka perkara segera dilimpahkan ke Penuntut Umum Kantor Kejari Bangka.

Dilansir sebelumnya disebutkan, ternyata pencurian Sapi Limosin seharga Rp 40 juta milik Korban, Ronal (37) di Desa Penyamun Kecamatan Pemali Bangka, melibatkan 'orang dalam'. Empat tersangka pelaku dipastikan terlibat, dua di antaranya berhasil ditangkap oleh Tim Polsek Pemali, hanya dalam hitungan jam, setelah adanya laporan pihak korban.

Sebelumnya Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan diwakili Kapolsek Pemali Iptu AF Pulungan kepada Bangka Pos, Jumat (17/7/2020) malam. "Kronologi ungkap kasus bermula pada Hari Kamis,16 juli 2020 pukul 07.00 WIB telah datang dua orang laki-laki melaporkan kejadian kehilangan sapi ke Polsek Pemali. Mereka masing-maisng bernama Erfan dan dan TK (pelaku), keduanya anak buah pemilik sapi tersebut," kata Pulungan saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Setelah melakukan interogasi dua pekerja dan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), Tim Polsek Pemali melakukan penyebaran informasi di Wilayah Belinyu Bangka dan Kelapa Bangka Barat. "Hingga akhirnya didapat informasi dari Polsek Kelapa bahwa sekira pukul 20.00 WIB, Tim Gabungan Polsek Kelapa dan Polsek Pemali melakukan penyelidikan di Desa Paet Kecamatan Muntok Bangka Barat dan menemukan satu ekor sapi jenis Limosin di rumah saudara Wawan," jelas Pulungan.

Menurut keterangan Wawan kepada polisi, sapi tersebut dititipkan oleh seseorang yang bernama inisial TM. Setelah itu tim melakukan penangkapan terhadap TM di Desa Paet Kecamatan Muntok Bangka Barat. "Hasil interogasi menurut keterangan TM, mereka melakukan pencurian sapi tersebut pada hari Rabu tanggal 15 Juli 2020, pukul 20.00 WIB di kandang sapi milik korban, Ronal. Pencurian tersebut dilakukan TM bersama pelaku lainnya, yaitu SG dan YT serta dibantu TK yang bekerja di kandang sapi milik Ron," ungkap Pulungan menyatakan pelaku lainnya masih dicari. (bangkapos.com/ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved