Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Triwulan Pertama dan Kedua Ekspor Timah Alami Penurunan, Ini Upaya yang Dilakukan Disperindag Babel

Sunardi, mengatakan, ekspor timah batangan dari Provinsi Babel ke beberapa negara di Asia dan Eropa pada mengalami penurunan.

Dok/Bangkapos.com
Balok Timah-- Petugas PT BGR sedang melakukan pengecekan balok timah di ekspor. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung, Sunardi, mengatakan, ekspor timah batangan dari Provinsi Babel ke beberapa negara di Asia dan Eropa pada triwulan pertama dan kedua mengalami penurunan.

"Berdasarkan data ekspor timah batangan mengalami penurunan, penurunan ekspor komoditi itu karena masalah covid-19 yang hingga kini belum usai. Namun, kita akan lihat nanti pada triwulan ketiga semoga mengalami kenaikan kembali," ungkap Sunardi kepada Bangkapos.com, Kamis (13/8/2020).

Dengan kondisi saat ini, Sunardi menjelaskan aktivitas ekspor sangat diperlukan dalam upaya kembali menggerakkan perekonomian di Provinsi Bangka Belitung.

"Mudah-mudahan kedepan penggerak ekonomi memang dari timah ini yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus menjadi tumpuan penggerak ekonomi, bukan hanya komoditi timah namun sektor lainnya yang sedang digiatkan saat ini," kata Sunardi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung, Sunardi.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung, Sunardi. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Ia menjelaskan, selain timah Provinsi Babel juga melakukam ekspor komoditi lainya seperti lidi nipah, cangkang sawit, lada, dan potensi lainya yang sedang dicari saat ini.

"Komoditas sektor lainya kita gerakkan sekarang, seperti sebelumnya lidi nipah, cangkang sawit dan Insyahallah ada rencana ekspor komoditas lainya, sehingga bukan yang unggulan saja, karena Pemerintah melalui Kementrian Perdagangan saat ini harus memudahkan dan mendorong terus ekspor dilaksanakan," harap Sunardi.

Berdasarkan data dari Disperindag Babel, realisasi ekspor timah batangan pada triwulan kedua Juni 2020, wilayah Kabupaten Bangka dengan komoditi timah negara tujuan berada di asia dan eropa dengan jumlah 376.632.00 netto (kg) nilai devisi (USD) 5.922.295,85.

Wilayah Bangka Barat ekspor komoditi timah di bulan yang sama sebanyak 4.225.000,00 netto (kg), nilai devisa (USD) 70.643.525,00. Dan Beltim ekspor timah sebanyak 226.055,60 netto (kg) nilai devisa (USD) 3.704.583,66.

Negara tujuan ekspor timah ini seperti Belanda, Singapura, China, United States, Korea, India, Jepang, Taiwan dan Turki.
(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved