Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI 2020

Masyarakat Dilarang Gelar Lomba Panjat Pinang Pada HUT ke-75 RI, Lomba Satu Ini Boleh

Mendagri Tito Karnavian meminta agar pemda dan masyarakat tak menggelar ajang lomba panjat pinang pada HUT ke-75 RI.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah warga ikut berpartisipasi dalam lomba Panjat Pinang Kolosal di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019). Memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Ancol Taman Impian menggelar berbagai macam acara di antaranya Panjat Pinang Kolosal dengan menyediakan 174 batang pohon pinang dengan berbagai macam hadiah bagi pengunjung. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta agar pemerintah daerah dan masyarakat tak menggelar ajang lomba panjat pinang untuk memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti.

Tito menyatakan lomba tersebut memiliki potensi penularan virus corona (Covid-19).

"Mau 17 Agustus orang mau panjat pinang, nanti tertular, jangan," kata Tito saat acara Launching Gerakan 2 Juta Masker di Kantor Kecamatan Tapos, Kota Depok, Kamis (13/8/2020).

Kalaupun tetap menggelar lomba, kata Tito, masyarakat wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Asal Usul Tradisi Lomba Panjat Pinang 17 Agustusan di Indonesia

Sejarah Lomba Makan Kerupuk, Ternyata Kerupuk di Zaman Penjajahan Jadi Makanan Favorit

Perayaan HUT RI Ke- 75 akan Dilaksanakn Sederhana Hingga Awal Mula Lomba 17 Agutusan

8 Lomba Agustusan Anti Mainstream Ini Tak Bisa Digelar, Empat Lomba Ini Bisa Jadi Penggantinya

Ia mencontohkan lomba makan kerupuk yang biasa digelar warga saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. Untuk lomba ini masyarakat bisa membawa kerupuk masing-masing.

"Gantungnya jauh-jauhan, kemudian makan. Nah, kalau sudah jaga jarak ada, tapi kerupuknya ditaruh sama satu orang yang enggak tahu siapa, kalau yang menaruhnya itu positif, ya kena semua takutnya," kata Tito.

Sejumlah warga ikut berpartisipasi dalam lomba Panjat Pinang Kolosal di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019). Memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Ancol Taman Impian menggelar berbagai macam acara di antaranya Panjat Pinang Kolosal dengan menyediakan 174 batang pohon pinang dengan berbagai macam hadiah bagi pengunjung. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah warga ikut berpartisipasi dalam lomba Panjat Pinang Kolosal di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019). Memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Ancol Taman Impian menggelar berbagai macam acara di antaranya Panjat Pinang Kolosal dengan menyediakan 174 batang pohon pinang dengan berbagai macam hadiah bagi pengunjung. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Ia juga menyarankan warga menghindari kerumunan.

"Kalau ada kerumunan sosial diupayakan jaga jarak," kata Tito.

Sebelumnya sejumlah daerah sudah mengeluarkan imbauan atau larangan lomba 17 Agustus.

Pada Selasa (11/8/2020), Pemerintah Kota Depok meminta warganya untuk tak menggelar lomba perayaan HUT RI yang berpotensi mengumpulkan massa.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved