Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Resam Istiqomah Bukti Kearifan Lokal yang Tetap Bertahan, Atisah Berharap Bantuan Pemasaran

Bincang UMKM Rudi Center bekerja sama dengan Bangka Pos kali ini menghadirkan Pelaku UMKM Resam Istiqomah, Atisa, Jumat (14/8/2020).

bangkapos.com
Bincang UMKM bersama Pelaku UMKM Resam Istiqomah, Atisa, Jumat (14/8/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bincang UMKM Rudi Center bekerja sama dengan Bangka Pos kali ini menghadirkan Pelaku UMKM Resam Istiqomah, Atisa, Jumat (14/8/2020).

Atisa sudah sejak lama mahir membuat kopiah resam ini.

Puluhan tahun menjadi pengrajin kopiah resam, Atisa tanpa patah semangat tetap meneruskan kemampuannya embuat kopiah resam yang meneruskan usaha orang tuanya.

"Belajar membuat kopiah resam sejak sekolah dasar dulu, mengikuti orang tua yang sudah biasa membuat ini," kata Atisa.

Atisa warga Desa Dendang Kecamatan Kelapa Bangka Barat adalah bukti bahwa kopiah resam menjadi kearifan lokal yang semestinya tetap bertahan.

Dia menjelaskan langkah demi langkah membuat kopiah resam. Dalam pembuatannya kadang hanya satu resam dikarenakan tergolong sulit dan harus dengan teknik yang baik.

"Pertama pembuatannya benang resam tersebut dihaluskan menggunakan lilin madu yang asli dari tempat air madu atau bisa menggunakan api dibakar untuk dihaluskan," sebut Atisa.

Selain itu, resam tersebut dengan cara dimasukkan ke dalam titik dari kaleng yang sudah dibuat lubang kemudian ditarik untuk menghaluskannya.

"Setelah dihaluskan dibuat pusatnya yang terletak di atas kopiah, namun harus dianyam. Setelah itu dibuat tudungnya dan membuat dindingnya bagian samping," katanya.

Diakuinya, Desa Kacung dan Dendang merupakan pusat pembuatan kopiah resam dan banyak yang datang ke tempatnya untuk belajar membuat kopiah resam.

"Orang sering datang ke rumah untuk belajar, dari Belitung ada dan ada juga dari Jogja untuk belajar membuat kopiah resam," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Widodo
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved