Breaking News:

Berita Pangkalpinang

10 Andikpas LPKA Kelas II Pangkalpinang Terima Remisi, Jumadi Berjanji Menjadi Pribadi Lebih Baik

LPKA Kelas II Pangkalpinang menggelar upacara pemberian remisi umum bagi Andikpas yang diikuti oleh seluruh pegawai dan Andikpas.

Istimewa/Redi
Pemberian remisi umum bagi Andikpas. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Tahun 2020, Negara hadir memberikan apresiasi berupa pemberian remisi umum kepada WBP dan Andikpas di seluruh Lapas, Rutan dan LPKA se-Indonesia.

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang menggelar upacara pemberian remisi umum bagi Andikpas yang diikuti oleh seluruh pegawai dan Andikpas, Senin (17/8/2020).

Sebanyak 10 orang Andikpas LPKA Kelas II Pangkalpinang mendapatkan SK Remisi Umum dengan besaran remisi mulai dari satu bulan hingga empat bulan.

Adapun yang bertindak sebagai Inpsektur Upacara, Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang (Nanang Rukmana), Perwira Upacara (Achmad Adrian), Komandan Upacara (Gusron), Komandan pleton pegawai (Burnawan), Komandan Pleton Andikpas (Rizki Huda Lesmana), Pembaca SK Remisi (I Wayan Teguh Subarata), Pembawa Acara (Nina Karmila), Pembawa Baki (Yulia) dan Pembaca Do'a (Hengki Juanda).

"Warga binaan pemasyarakatan dan anak didik pemasyarakatan merupakan bagian dari warga negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi, karena WBP dan Andikpas sebenarnya hanya kehilangan kebebasan, dimana mereka tidak kehilangan hak-hak yang lainnya. Salah satu hak yang dimiliki oleh WBP dan Andikpas adalah hak mendapatkan penguruangan masa menajalani pidana (Remisi)," pungkas Nanang saat pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI.

Melalui remisi ini dia berharap dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dan anak dalam kehidupan bermasyarakat.

Namun pemberian remisi ini seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak WBP dan Andikpas, tetapi lebih dari itu yang mana remisi merupakan apresiasi Negara atas pencapaian yang sudah dilakukan oleh WBP dan Andikpas selama menjalani pembinaan baik di Lapas, Rutan maupun LPKA.

M Jumadi mewakili Andiklas yang menerima remisi tersebut mengaku senang dan berjanji akan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

"Alhamdulillah kami bersepuluh sangat senang karena hari ini kami mendapatkan remisi 17 agustus. Saya pribadi berjanji akan menjadi lebih baik lagi kedepannya, tidak akan mengulangi lagi kesalahan yang sama atau membuat kesalahan baru yang bertentangan dengan hukum," ungkap Andikpas, Jumadi.

"Terimakasih kepada seluruh pegawai LPKA Kelas II Pangkalpinang yang telah memberikan pembinaan dan membantu kami dalam semua proses administrasi pemberian remisi ini, tanpa dipungut biaya sepeserpun atau gratis," ujar Jumadi.

Sementara itu, selaku Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana menyampaikan ucapan selamat terhadap 10 Andikpas yang mendapatkan remisi umum pada peringatan HUT ke-75 RI.

"Tetap semangat menjalani hari-hari dalam masa pembinaan ini, terus intropeksi diri dan tingkatkan keimanan serta ketakwaan sehingga kedepannya menjadi insan yang lebih baik dari sebelumnya," ujar Nanang dalam rilis kepada bangkapos.com, Senin (17/8/2020).

Nanang juga memastikan bahwa proses kepengurusan administrasi dan lain sebagainya baik kepengurusan remisi, integrasi (bebas bersyarat), kunjungan dan seluruh layanan yang ada di LPKA Kelas II Pangkalpinang tidak dipungut biaya apapun alias gratis. (*)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved