Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Uang Rp 75 Ribu Resmi Diluncurkan! Dicetak Sebanyak 75 Juta saat Peringatan HUT ke-75 RI

Uang Rp 75 Ribu Resmi Diluncurkan, Dicetak Sebanyak 75 Juta saat Peringatan HUT ke-75 RI

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Rusaidah
bangkapos.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam live streaming pada akun resmi BI, Senin (17/8/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Uang Rp 75 Ribu Resmi Diluncurkan, Dicetak Sebanyak 75 Juta saat Peringatan HUT ke-75 RI

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan mata uang rupiah sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati, dihargai dan dibanggakan oleh warga negara Indonesia. Oleh karena itu, rupiah ditetapkan sebagai uang NKRI.

"Pengeluaran uang peringatan Kemerdekaan ke-75 tahun Indonesia sudah melalui rancangan matang sejak tahun 2018. Uang ini bukan pencetakan uang baru yang ditujukan persebaran secara bebas dan bukan penambahan likuiditas dalam pelaksaan kegiatan perekonomian. Namun peluncuran uang ini dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus yakni HUT ke-75 RI," ujar Sri dalam live streaming pada akun resmi Bank Indonesia dalam agenda peluncuran uang peringatan hari kemerdekaan, Senin (17/8/2020).

Mata uang ini dalam bentuk kertas dengan pecahan nominal Rp 75 ribu dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta yang ditandatangani Kementerian Keuangan selaku Wakil Pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia.

"Pengeluaran ini bertepatan dengan 17 Agustus 2020 ini ditunjukan dalam bentuk momentum mensyukuri kemerdekaan walaupun dalam kondisi covid-19. Serta bertujuan untuk menyongsong masa depan dan mencapai tujuan kemerdekaan," jelas Sri.

Di dalam mata uang ini menggambarkan peristiwa pengibaran bendera saat proklamasi Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

"Foto Ir Soekarno dan Mohammad Hatta pada mata uang ini memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru kesatuan Indonesia yang baru saja diproklamirkan. Momentum ini harus terus kita tumbuhkan optimisme dan semangat terus menerus dalam membangun cita-cita bangsa. Serta saat ini kita harus mampu menghadapi tantangan pada masa Covid-19," tutur Sri.

Sementara, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan rupiah adalah wujud kemandirian bangsa Indonesia, setiap lembaran rupiah memiliki identitas dan karakteritik bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Sebagai wujud syukur kemerdekaan atas anugerah Indonesia, BI dan Kementrian Keuangan hari ini resmi meluncurkan uang peringatan Indonesia ini. Tema dan makna filosofi mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kesatuan dan menyongsong masa depan," ujar Perry. (*)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved