Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kurang TIdur Ternyata Bisa Jadi Penyebab Mudah Sakit, Ini Penjelasan dr Liviany

Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah, dr Liviany mengatakan kualitas tidur yang buruk bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

freepik.com
Waktu tidur siang yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh, wajib tahu. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tidur menjadi kebutuhan dasar setiap manusia.

Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah, dr Liviany mengatakan kualitas tidur yang buruk bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

"Kalau kualitas tidur buruk pasti bisa berdampak buruk juga untuk tubuh. Ibarat kata seperti handphone butuh di charge, tubuh kita juga begitu butuh recharge energi dan itu terjadi waktu kita tidur. Tentunya bisa recharge energi dengan baik kalau kualitas tidurnya baik,"ungkap dr Liviany kepada bangkapos.com, Selasa (18/8/2020).

Dia menyebutkan apabila seseorang kurang tidur otomatis sel-sel yang ada di tubuh kurang istirahat sehingga bisa mengganggu sistem kerja tubuh.

"Jika tubuh kita kurang istirahat pasti kerja semuanya juga jadi melambat, contoh mikir jadi suka error karena ngantuk dan kecapean, alami fatigue yang dapat mengganggu sirkadian, serta efek lainnya,"sebutnya.

Dia mengungkapkan lama tidur yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda. Hal ini ditentukan berdasarkan usia.

"Untuk orang dewasa normal tidur yaitu sekitar 6 sampai 8 jam, sedangkan untuk anak-anak lebih bervariasi sesuai usia. Makin kecil usia, kebutuhan tidur makin besar. Contohnya bayi kebutuhan tidurnya >12 jam," ujarnya.

Sementara itu, tidur sangat diperlukan untuk kesehatan karena untuk konsolidasi energi, memori, reparasi sel rusak setelah dipakai aktivitas seharian untuk tumbuh kembang dan sebagai daya tahan tubuh yang prima.

"Kalau kurang tidur pasti performa tubuh menurun termasuk sel-sel di dalam badan. Pada saat tubuh lelah maka mekanisme pertahanan diri tentu akan turun sehingga mudah sakit,"tutur dr Liviany.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved