Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sejumlah Andikpas LPKA Pangkalpinang Ikuti Lomba Bernuansa Islami, Peringati Tahun Baru Islam

Sejumlah anak didik pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang mengikuti lomba bernuansa islam

Ist/Humas LPKA Kelas II Pangkalpinang/Redi / Enggar
Sejumlah Andikpas LPKA Pangkalpinang mengikuti Lomba Bernuansa Islami, Peringati Tahun Baru Islam 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sejumlah anak didik pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang mengikuti lomba bernuansa Islam meliputi adzan dan ceramah dalam memperingati Tahun Baru Islam 2020 atau 1 Muharram 1442 H, Rabu (19/8/2020).

Kasi Pembinaan, M Anwar mengatakan selain dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1442 H, kegiatan perlombaan ini merupakan satu diantara bentuk evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan yang telah diberikan kepada mereka selama ini.

"Kita akan lihat sejauh mana mereka mengaplikasikan kegiatan pembinaan yang kita berikan selama ini. Kami tim pembinaan akan tetap konsisten dan terus berkomitmen untuk memberikan pembinaan yang terbaik bagi anak-anak disini agar mereka mempunyai secercah cahaya putih yang bersinar dan dapat mengubah mereka menjadi lebih baik lagi dari masa ke masa," ujar M Anwar dalam rilis kepada Bangkapos.com.

Lebih lanjut, ia mengatakan tujuan dari kegiatan perlombaan ini adalah sebagai ajang bagi mereka untuk membentuk kepribadian yang lebih baik, sesuai dengan tuntunan dan syariat islam sehingga ini semua akan semakin menguatkan keimanan dan ketakwaan mereka.

Sementara itu untuk juri pada perlombaan ini, ia menyebutkan melibatkan unsur pegawai yakni Kasubsi Dikbimkemas beserta staf.

Namun demikan hal ini tidak mengurangi khidmatnya kegiatan perlombaan tersbut dan semuanya netral.

Sementara itu, Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana sangat mengapresiasi kegiatan perlombaan ini.

"Disamping sebagai ajang kompetensi islami, kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan warna dan catatan memori bagi anak-anak bahwa hidup itu bukan hanya sekedar urusan duniawi saja, namun persiapkan juga bekal akhirat," ujar Nanang.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bisa dijadikan cikal bakal mencari bibit-bibit andikpas yang berprestasi dibidang ceramah keagamaan dan lain sebagainya sehingga apabila ada moment kegiatan perlombaan bisa berpartisipasi.

"Sebagai contoh pada saat 17 Agustus 2020 kemarin, satu orang Andikpas LPKA Kelas II Pangkalpinang berhasil mendapatkan juara 1 lomba menulis carpen kategori Andikpas se-Indonesia. Hal ini tentu tidak serta merta suatu kebetulan saja, namun tentunya diikui dengan beragam pembinaan," jelas Nanang.

“Semoga hati anak-anak tersentuh sehingga mereka bisa menyadari apa ksealahan dimasa lalu, tak mengulanginya lagi dan keberadaan mereka kelak ditengah masyarakat akan mendatangkan manfaat. Jadikan momentum tahun baru Islam ini sebagai momentum untuk terus mengintropeksi diri, apa yang telah dilakukan selama ini, berapa banyak kesalahan yang telah dibuat, kekhilafan yang terlanjur dilakukan, songsong masa depan yang lebih baik dan gemilang," harap Nanang.
(Bangkapos.com/Rilis/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved