Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Jika Mengalami Kejadian Tak Menyenangkan Hingga Bikin Trauma, Begini Saran Psikolog

Ketika seseorang mengalami kejadian yang tidak menyenangkan atau malah menyakitkan bisa menimbulkan efek trauma.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Rusaidah
Istimewa/Siska
Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramita. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketika seseorang mengalami kejadian yang tidak menyenangkan atau malah menyakitkan bisa menimbulkan efek trauma.

Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramita mengatakan dari sudut pandang psikologi, trauma merupakan tekanan yg terjadi pada sisi emosi atau psikologis yang umumnya terjadi akibat dari adanya pengalaman atau kejadian yang tidak mengenakan.

"Kejadian trauma sendiri dapat berupa pada perlakuan, fisik ataupun psikis. Permasalahan ini tentunya harus diatasi atau ditangani dengan tepat," ujar Siska, Kamis (20/8/2020).

Dengan mencari tahu akar permasalahan yang terjadi. Jika tidak tertangani dengan tepat maka akan mengganggu kestabilan emosi dan fisik.

"Terkadang saat seseorang berada dalam situasi traumatik, banyak perilaku yang muncul diluar kendali. Ntah itu histeris, pingsan, tubuh gemetar dan lainnya," kata Siska.

Lebih lanjut, ia menyebutkan jika memang sudah mengganggu aktivitas keseharian tentu perlu melakukan konsultasi dan terapi, baik kepada psikolog ataupun psikiater.

Disamping itu, perlu juga untuk menangani lebih awal dengan mau bercerita atau terbuka pada orang terdekat.

Biasakan diri untuk berpikir positif dan berlatih untuk dapat rileks saat menghadapai situasi traumatik.

Tenangkan diri lebih dulu dengan mengatur nafas yang baik dan benar, yakinkan diri untuk berani menghadapi hal tersebut.

Dengan penanganan yang tepat hal-hal traumatik dapat diatasi dengan baik.

"Kejadian traumatik sebaiknya tidak selalu dihindari namun persiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut tentunya dengan beberapa cara diatas yang telah disebutkan," tutur Siska. (*)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved