Breaking News:

Menkominfo Tanggapi ICW Soal Anggaran 90 Miliar Buat Influencer, untuk Siapa Saja

Menkominfo Tanggapi ICW Soal Anggaran 90 Miliar Buat Influencer, untuk Siapa Saja

INFOKOMPUTER.GRID.ID
Presiden Jokowi Tunjuk Johnny G Plate Jadi Menkominfo 

BANGKAPOS.COM - Indonesian Corruption Watch (ICW) dikabarkan telah menemukan sebuah laporan anggaran fantastis berjumlah sekitar Rp 90 Miliar.Data tersebut merupakan program belanja dari akumulasi pemerintah sejak tahun 2017 sampai 2019 yang dihimpun ICW dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Kabar ini mencuat pada hari Kamis (20/8), setelah adanya ungkapan secara daring dari peniliti ICW, Egi Primayogha dalam konferensi pers virtual bertajuk "Rezim Humas: Berapa Anggaran Influencer?".

Dalam laporannya, ICW menjelaskan bahwa menemukan 40 paket pengadaan dengan kata kunci influencer dan key opinion leader dalam kurun waktu dua tahun tersebut.

Lebih rinci, ICW membeberkan kalau yang terbanyak menerima paket adalah Kementerian Pariwisata dengan pengadaan 22 paket beserta anggaran Rp 77,6 miliar.

Kemudian disebutkan juga kalau Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menerima anggaran sebesar Rp 10,83 miliar.

Menjawab hal tersebut, Menkominfo, Johnny G. Plate pun turut memberikan komentarnya.

Melansir dari Kompas, menteri Johnny mengaku tidak mengetahui tentang temuan yang dinyatakan oleh ICW soal belanja pemerintah untuk membayar influencer tersebut.

Iapun mengaku bahwa pihak Kemenkominfo memiliki program coaching clinic yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Siberkreasi pada tahun 2018.

Johnny pun mengakui kalau program tersebut memang mengikutsertakan influencer di dalamnya.

Namun Menkominfo menjelaskan, "Program coaching clinic school of influencer Kominfo itu bukan untuk membiayai influencer tetapi pelatihan bagi yang berminat berprofesi sebagai influencer," seperti yang dikutip dari Kompas.

Halaman
12
Editor: Teddy Malaka
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved