Breaking News:

Horizon

Rapid Test, Regulasi Setengah Hati

Pelonggaran terhadap masa berlaku dokumen rapid test ini justru meninggalkan tanda tanya besar, terkait dengan efektivitas rapid test

Rapid Test, Regulasi Setengah Hati
BangkaPos
Pimred Bangka Pos Grup: Ibnu Taufik Juwariyanto

PELONGGARAN terhadap masa berlaku dokumen rapid test sebagai prasyarat terbang, tentu menjadi angin segar bagi industri penerbangan yang sedang berusaha bangkit setelah terpuruk akibat covid-19.

Dokumen rapid test yang sebelumnya hanya berlaku selama 3 hari kini diperpanjang dan berlaku untuk kurun 14 hari.

Namun sesungguhnya, pelonggaran terhadap masa berlaku dokumen rapid test ini justru meninggalkan tanda tanya besar, terkait dengan efektivitas rapid test yang tentu dimaksudkan untuk mencegah penularan covid-19.

Jika kita runut dari awal, kebijakan ini merupakan lanjutan dari kebijakan pemerintah, yang memutuskan untuk mencabut izin terbang seluruh penerbangan komersil, utamanya penerbangan domestik di awal puasa tahun ini.

Kita ingat saat itu muncul perdebatan larangan mudik dan izin pulang kampung bersamaan dengan kebijakan ini. Di tengah polemik tersebut, pemerintah memutuskan untuk menggrounded seluruh penerbangan domestik.

Kebijakan ini tertuang melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri.

Seluruh penerbangan komersil utamanya domestik digrounded mulai 24 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020.

Diakui atau tidak, kebijakan inilah yang menjadi titik awal lesunya perekonomian kita.

Apalagi saat itu, muncul banyak larangan berikut tindakan-tindakan nyata dari aparat keamanan, untuk membubarkan kerumunan dan sejenisnya.

April, Mei dan Juni adalah fase-fase paling krusial dalam sejarah penanganan covid-19 di tanah air. Tiga bulan ini, tidak berlebihan jika ada yang menganggap berlaku jam malam.

Halaman
123
Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: rusmiadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved