Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Psikolog Wahyu Kurniawan Sebut Bermain Sangat Bermanfaat Bagi Tumbuh Kembang Anak

Dosen Prodi Psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu kurniawan mengatakan dunia bermain adalah dunia yang paling digemari oleh anak.

Penulis: Sela Agustika | Editor: Rusaidah
bangkapos.com
Dosen Prodi Psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu Kurniawan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen Prodi Psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu kurniawan mengatakan dunia bermain adalah dunia yang paling digemari oleh anak.

Dia mengungkapkan permainan yang digemari oleh anak dianggap salah satu cara untuk melihat karakter anak dan dijadikan sebagai media keterampilan.

"Bermain juga ada beragam, ada yang sifatnya asosiatif, paraler, soliter, dramatik dan permainan kosong. Permainan juga ada yang sifatnya bersamaan dan individu," ungkap Wahyu kepada bangkapos.com, Senin (24/8/2020).

Dia menyebutkan anak yang bermain dengan orang tua adalah salah satu proses kelekatan terbaik.

"Dari proses bermain ini banyak hal yang didapat, salah satu pengajaran moral, tangungjawab moral, kesabaran dan baiknya juga orangtua tau peran permainan untuk anak," ujarnya.

"Bermain sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, beberapa hal lainnya yang bisa orangtua baca yaitu minat bakat anak," tambahnya.

Sementara itu, dia menyebutkan teman bermain sangat besar pengaruh dalam perkembangan anak, baik bahasa, sosial, psikomotorik dan kognitif anak.

Dia juga menambahkan dengan bermain juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

"Bagi para ahli terapi, bermain bukan saja urusan membuang-buang waktu tetapi meluapkan emosi, menarasikan sesuatu. Dari sisi sensori, bermain juga sangat baik untuk meningkatkan senori anak. Para ahli juga bersepakat bahwa bermain sangat membantu anak meningkatkan kepercayan diri," tuturnya. (*)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved