Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dana Rp 14,9 Miliar untuk Bangun Kolong Retensi di Enam Lokasi, Ini Rinciannya

Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah mengatakan, saat ini masih dalam tahap persiapan lelang pembangunan kolong retensi tersebut.

Penulis: Riki Pratama | Editor: suhendri
Bangkapos/Riki Pratama
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat bantuan dana hibah pascabencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp 14,9 miliar.

Dana ini diperuntukkan bagi pembangunan enam kolong retensi guna mencegah banjir di Babel.

Rencananya, keenam kolong tersebut akan dibangun di empat kabupaten, yakni Belitung, Belitung Timur, Bangka Barat, dan Kabupaten Bangka.

Rinciannya, satu kolong retensi bakal dibangun di Belitung, satu di Belitung Timur, satu di Bangka Barat, dan tiga di Kabupaten Bangka.

Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah mengatakan, saat ini masih dalam tahap persiapan lelang pembangunan kolong retensi tersebut.

Pembangunannya nanti lebih kepada penguatan talut agar mampu menampung air untuk mengatasi banjir.

"Pertama, administrasi pelaksanaan tahap persiapan lelang, sementara lainnya diperkirakan dimulai tiga bulan terakhir tahun 2020 ini," kata Fatah kepada wartawan di kantor Gubernur Babel, Rabu (26/8/2020).

"Dalam perbincangan, kalau dalam pengerjaannya mengalami curah hujan yang tidak begitu kuat, kemungkinan bisa tepat waktu. Apabila memperkirakan dalam pertengahan Desember belum selesai untuk terus dipacu dengan penambahan sumber daya manusianya," ujarnya.

Fatah menambahkan, dalam proses pembangunan kolong retensi nanti tidak ada pengerukan, tetapi lebih kepada pembangunan talut agar bisa menjaga volume air di dalamnya.

"Kita tidak ada rencana melakukan pengerukan, tetapi dia lebih ke pemasangan seperti siring dan memiliki kekuatan seperti talut sehingga bendungan itu terjaga," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved