Breaking News:

Berita Pangkalpinang

KPU dan Bawaslu Yakin Pilkada Bangka Tengah Berjalan Baik di Tengah Pandemi

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di tengah pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang telah diatur.

Penulis: Sela Agustika | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Tribunnews.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi menyebutkan di tengah situasi pandemi saat ini memang ada kekhawatirkan untuk menjalankan pilkada.

Namun saat ini pihaknya yakin untuk tetap melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di tengah pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang telah diatur.

"Proses pemilu ini memang sudah diatur dengan menerapkan protokol kesehatan, baik saat melakukan kampanye yang mana berdasarkan peraturan bahwa calon boleh melakukan kampanye dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak terkendala zona merah ataupun lainnya, berkoordinasi dengan satgas Covid-19 yang mana misalkan jumlah peserta 100 maka di masa pandemi ini tidak lebih dari 500 dan dengan menggunakan masker serta peraturan protokol kesehatan yang ada,"ujarnya.

"Kami yakin Pemilu di Bangka Tengah Bisa berjalan dengan baik di tengah pandemi," ucapnya.

Dia menyebutkan saat ini pihaknya masih melakukan tahapan coklit data pemilih agar terdata sesuai dengan tempat pemungutan suara (TPS) terdekat, dan dilakukan pendataan daftar pemilih.

"Disini kita juga ada tanggapan dari masyarakat, dan jika ada yang belum terdata atau terverifikasi data pemilih bisa melapor ke bawaslu dan pihal bawaslu bisa menyampaikan ke kita data tersebut akan terdata sebagai pemilih," ungkap Rusdi pada Dialog Ruang Tengah Bangka Pos, Rabu (26/8/2020).

Sementara itu, dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak takut mendatangi TPS .

"Tentunya disini kita sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai SOP, dan kita juga bekerja sama dengan dinas kesehatan untuk melakukan rapid tes kepada seluruh pengurus yang ada dilapangan," ucap Rusdi.

SDM & Parmas KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga mengatakan saat ini total pemilih di Bateng yaitu kurang lebih ada 1300an, dengan total TPS yaitu 383.

Diakuinya, di tengah pandemi ini pihaknya mengalami berbagai kesulitan terutama untuk mengadakan sosialisai kepada masyarakat.

"Kondisi ini berbeda dengan dulu, namun sekrang kita mensiasati hal ini untuk terus memberi pemahan kepada masyarakat pentingnya untuk melakukan pemilihan suara pada berbagai agenda, seperti saat sholat Jum'at kita ingatkan kepada masyarakat terkait pentingnya satu suara untuk kemajuan Bateng. Kita yakin bahwa Pilkada ini akan berjalan dengan baik,"sebut Hendra.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto mengatakan saat ini pihaknya melakukan pengawasan ketat di berbagai titik fokus pengawasan untuk memastika data pemilih.

"Berbagai persoalan data pemilu, yang mana data pemilih ini adalah awal untuk menciptakan pemilu yang baik dan tentunya kita melakukan pendataan dan lain sebagainya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,"kata Robianto

"Semakin bersih dan akurat data pemilu maka kami yakin pilkada ini akan berjalan sukses, mungkin memang tidak sempurna tapi kita mencoba menjadi lebih baik," tuturnya.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved