Breaking News:

Pilkada

Pilkada di Bateng Berpeluang Head to Head, KPU dan Bawaslu Berharap Partisipasi Berjalan Maksimal

Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi mengatakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di tengah pandemi tetap berlanjut.

bangkapos.com
Dialog Ruang Tengah Redaksi Bangka Pos bersama KPU Bateng dan Bawaslu Bateng, Rabu (26/8/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi mengatakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di tengah pandemi tetap berlanjut.

Dia mengungkapkan terkait perkembangan pasangan calon Bupati di Bangka Tengah saat ini masih belum bisa dipastikan.

"Untuk Paslon saat ini kita belum bisa dipastikan, jika belum sampai dengan tanggal 6 September 2020 nanti,"ungkapnya.

Namun, dia menyebutkan jika sampai dengan tanggal 6 September, pada pemilu Bupati Bateng hanya akan diikuti dua pasang (head to head), maka ini menjadi cukup menarik.

"Jika memang tahun ini hanya diikuti oleh dua pasangan kita berharap partisipasinya berjalan dengan maksimal, karena partisipasi menjadi kunci suksesnya pemilu," sebut Rusdi pada Dialog Ruang Tengah, Rabu (26/8/2020).

Disampaikan Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto bahwa pihaknya telah merilis indeks kerawanan Pemilu di tahun 2020 dan bahkan sudah melakukan pemutakhiran di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi khusus Bangka Tengah ada beberapa dimensi yang memang dinilai masuk kerawanan sedang, dan ada kerawanan tinggi serta rendah, tetapi banyaknya berada di kerawanan rendah," ujar Robianto.

Namun sebagai Bawaslu, dia mengatakan bahwa pihaknya lebih baik mencegah dari pada menindak, karena berhasilnya tugas Bawaslu karena banyaknya mencegah dugaan pelanggaran.

"Karena pada dasarnya tugas bawaslu ini yaitu babyak mencegah dari pada banyak menindak, jika kami banyak menindak berarti kami gagal dalam mencegah karena mengawasi ini yaitu melakuksn pencegahan dan penindakan," sebutnya.

Diakuinya dimasa pandemi Covid-19, pada masa dimensi kompetensi memang ada peningkatan yang dilihat dari terbatasnya paslon untuk melakukan kampanye secara langsung dengan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Sela Agustika
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved