Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Satpol PP Tertibkan Tambang Pasir Ilegal di Lahan Pemprov Babel

Penertiban dilakukan karena para pelaku tambang ilegal seperti tak pernah jera mengambil pasir tanpa izin di lahan tersebut.

Penulis: Riki Pratama | Editor: suhendri
bangkapos.com / Riki Pratama
Kepala Satpol PP Babel, Yamoa'a Harefa 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Aparat Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menertibkan aktivitas tambang pasir ilegal di lahan milik Pemprov Babel di Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang, Kamis (27/8/2020).

Penertiban dilakukan karena para pelaku tambang ilegal seperti tak pernah jera mengambil pasir tanpa izin di lahan tersebut.

"Mereka ini sudah berkali-kali dan tidak jera melakukan aktivitasnya di lahan milik pemprov dan pemainnya selalu berubah-ubah. Kita kemarin sudah memberikan imbauan serta peringatan sebelumnya, namun masih berulang sehingga kita melakukan penertiban," kata Kepala Satpol PP Babel Yamoa'a Harefa kepada bangkapos.com di kantor Gubernur Babel, Kamis (27/8/2020).

Saat ini, lanjut Yamoa'a, barang bukti dan satu orang terduga pelaku masih diamankan untuk diperiksa oleh anggota Satpol PP sebelum nantinya diserahkan ke Polda Babel.

"Saat ini masih di-BAP untuk mengetahui indikasinya digunakan untuk apa pasir tersebut. Nanti, selanjutnya PPNS (penyidik pegawai negeri sipil) Satpol PP akan melakukan koordinasi dengan Polda Babel untuk penanganan selanjutnya," tuturnya.

Lebih lanjut Yamoa'a mengatakan, pihaknya terus mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas tambang ilegal di lahan milik Pemprov Babel.

Guna mencegah terulangnya aktivitas ilegal tersebut, Satpol PP telah mendirikan posko di sekitar lahan yang ditambang.

"Kita sudah melakukan pembongkaran dan mendirikan posko di wilayah tersebut agar tidak ada lagi aktivitas di dalamnya," ujar Yamoa'a. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved