Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kapan Anak-anak Bisa Ikut Pelatihan Berenang? Ini Penjelasan Pelatih Makruf

Selain itu, berenang juga termasuk keterampilan yang penting bagi keselamatan guna mencegah kejadian tenggelam.

Istimewa/Makruf
Ilustrasi anak-anak yang sedang latihan berenang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berenang menjadi satu diantara olahraga yang memiliki banyak manfaat.

Pelatih Renang, Makruf mengatakan berbagai manfaat yang didapatkan dari berenang, yaitu menambah tinggi badan, menjaga kesehatan jantung, melatih pernapasan, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kebugaran paru-paru dan dapat mengurangi stres.

Selain itu, berenang juga termasuk keterampilan yang penting bagi keselamatan guna mencegah kejadian tenggelam.

Dia menyebutkan belajar berenang sudah bisa dimulai sejak anak- anak, mulai dari usia 4 tahun.

"Untuk range usianya bisa dimulai dari 4 tahun sudah bisa diajar berenang, tetapi memang untuk prosesnya pengenalannya lebih lama, itu tergantung orang tua masing-masing. Disini anak-anak akan kita ajarkan dasar-dasar berenang, tips dan trik mengapung dan lainnya," ungkapnya.

Dalam pelatihan renang, dia mengungkapkan ada beberapa komponen dasar yang dipelajari yaitu nafas,mengapung, gerak kaki dan beralih ke tangan.

"Biasanya untuk anak-anak usia diatas 4 tahun ini setelah 2 sampai 3 minggu latihan beberapa komponen ini sudah kita lepas untuk berenang tanpa menggunakan alat bantu, dan setiap bulan kita selalu lihat perkembangan anak ini," ujarnya.

Dikatakan Makruf, jika anak-anak belum bisa berenang dan ingin bermain di laut maka harus didampingi oleh orang tua, dan juga harus menggunakan alat bantu.

"Misalnya anak-anak mau bermain di kawasan pantai, tetapi tidak bisa berenang harus menggunakan pelampung atau alat seperti botol plastik yang bisa diletakkan disisi lengannya dan harus didampingi oleh orangtua, dan jangan berenang di laut yang banyak batunya karena hempasan gelombangnya lebih berbahaya," sarannya.

Bagi anak-anak yang ingin belajar berenang, pihaknya juga membuka latihan berenang dengan biaya per anak Rp 200 ribu selama satu bulan.

"Dalam satu bulan ini ada 8 kali pertemuan yang mana dalam seminggu 2 kali pertemuan dan bagi anak-anak yang sudah menguasai 4 gaya renang, maka akan mendapatkan sertifikat renang," sebutnya. (*)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved