Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Kebakaran Rumah di Desa Belilik Akibat Konsleting Listrik, Korban Alami Kerugian Sekitar Rp 30 Juta

Syafarudin mengatakan, kebakaran yang menghanguskan rumah di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah disebabkan arus pendek listrik.

Penulis: | Editor: nurhayati
Ist/Satpol PP Bangka Tengah
Rumah Maisah warga Desa Belilik yang hangus terbakar dikarenakan konsleting listrik, Sabtu (29/8/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGK-- Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Syafarudin mengatakan, kebakaran yang menghanguskan rumah di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah disebabkan oleh konsleting  hubungan arus pendek listrik.

"Karena kejadian tersebut, pemilik rumah yang terbakar atas nama Maisah mengalami kerugian materi kurang lebih sekitar Rp 30 juta," ungkap Syafarudin, Sabtu (29/8/2020) saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Sementara itu Kepala Desa Belilik, Muldari mengatakan saat kejadian tersebut dirinya sedang tidak berada di desa.

Ia mendapatkan informasi dari warganya bahwa ada rumah warganya yang kebakaran di satu rumah tersebut ada tiga kepala keluarga.

"Tahunya waktu saya sedang meeting, jadi dapat informasi dari warga kita bahwa ada kebakaran rumah akibat konsleting listrik jadi saya langsung menghubungi Damkar Bateng," ujar Muldari.

Ia juga menjelaskan bahwa korban kebakaran masih memiliki rumah dari bantuan rumah layak huni pada tahun 2011 silam, sehingga warganya untuk saat ini masih bisa menginap di rumah layak huni tersebut.

"Korban masih ada bantuan rumah layak huni tahun 2011 yang lalu karena memang keluarga ini termasuk keluarga yang kurang mampu, tapi beberapa orang mungkin harus menginap di rumah saudaranya karena rumah layak huni hanya memiliki satu kamar.  Jadi untuk tempat tinggal insyaallah aman, saya sudah minta Ketua RT untuk meminta sumbangan sukarela untuk saling membantu," kata Muldari.

Rumah warga  di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Sabtu (29/8/2020) pagi sekitar pukul 09.10 WIB hangus dilalap si jago merah.
Rumah warga di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Sabtu (29/8/2020) pagi sekitar pukul 09.10 WIB hangus dilalap si jago merah. (Ist/Satpol PP Bangka Tengah)

Satu Rumah Hangus Terbakar di Desa Belilik

Satu unit rumah di Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Sabtu (29/8/2020) pagi sekitar pukul 09.10 WIB hangus dilalap si jago merah.

Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Bateng, Syafarudin membenarkan hal tersebut.

Dia mengatakan butuh waktu sekitar 20 menit dan dua unit mobil damkar dengan 10 orang petugas untuk memadamkan api tersebut.

"Laporan yang kami terima kejadiannya itu sekitar jam 09.10 WIB, api berhasil dipadamkan sekitar 20 menit. Kami terjunkan 2 mobil damkar dan 10 petugas, alhamdulillah menurut laporan tidak ada korban jiwa, dan kerugian materi masih dalam tahap perhitungan," ungkap Syafarudin, Jumat (29/8/2020) saat dihubungi Bangkapos.com

Terkait penyebab kebakarannya sendiri, dia mengatakan pihaknya masih dalam proses investigasi, sehingga saat ini ia belum mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut.

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved