Breaking News:

Pilkada Bangka Selatan 2020

Ikut Bertarung dalam Pilkada 2020, Petahana Wajib Cuti dan Anggota DPRD Harus Mengundurkan Diri

Budi Wardoyo menegaskan petahana yang akan mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilkada 2020 harus mengajukan cuti.

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Budi Wardoyo 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Budi Wardoyo menegaskan petahana yang akan mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilkada 2020 harus mengajukan cuti.

Menurut Budi, kebijakan ini telah diatur di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2020 yang mewajibkan Petahana sebagai peserta untuk mengajukan cuti.

Budi menambahkan, peserta dari petahana harus mengajukan cuti sedari 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020 mendatang atau lebih kurang selama 71 hari.

"Artinya jika memang petahana di Kabupaten Bangka Selatan yaitu Riza Herdavid mendaftarkan diri maka wajib melakukan cuti," kata Budi saat dikonfirmasi Bangkapos.com pada Senin, (31/8/2020).

Sementara itu untuk masa pendaftaran sebagai calon peserta Pilkada Kabupaten Bangka Selatan, Budi menambahkan akan dilakukan pada Jumat, (4/9/2020) hingga Minggu, (6/9/2020) mendatang.

Untuk anggota DPRD yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilkada Kabupaten Bangka Selatan lanjut Budi tidak memiliki keharusan untuk cuti namun wajib untuk mengundurkan diri dari kelembagaan sebagai anggota legislatif.

"Iya kalau untuk anggota DPRD yang akan mendaftarkan diri harus mundur terlebih dulu. Sama halnya juga bagi ASN, TNI/Polri," tegas Budi. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved