Breaking News:

Pilkada

Tak Ada Kader Mencalonkan Kepala Daerah, DPD Partai Golkar Tidak Perlu Lakukan PAW

Eddy Iskandar mengatakan pada pilkada serentak 2020 ini, tidak ada anggota DPRD dari Partai Golkar yang mencalonkan diri jadi kepala daerah.

DOK BANGKA POS
Ketua DPD Golkar Bangka Belitung, Bambang Patijaya. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekretaris DPD Partai Golkar Bangka Belitung, Eddy Iskandar mengatakan pada pilkada serentak 2020 ini, tidak ada anggota DPRD dari Partai Golkar yang mencalonkan diri jadi kepala daerah.

"Kebetulan dalam Pilkada 2020 ini tidak ada anggota Fraksi Partai Golkar di DPRD Provinsi atau Kabupaten yang maju sebagai calon kepala daerah," ujar Eddy, Rabu (2/9/2020).

Maka, tidak ada dari mereka yang melewati proses pengundurkan diri dan tidak ada pula istilah pergantian antarwaktu (PAW).

Dijelaskan oleh Eddy, bila ada anggota DPRD ingin mencalonkan diri tentu harus mengundurkan diri terutama yang ikut Pilkada.

"Pertama harus dengan surat pengunduran diri dari yang bersangkutan. Jika sudah mengunduran diri, maka surat itu menjadi dasar bagi partai untuk mengajukan proses PAW melalui pimpinan DPRD untuk diteruskan ke Mendagri," jelas Eddy.

Ia menambahkan dalam proses PAW yang akan menggantikan, tentunya berdasarkan aturan adalah calon anggota yang memperoleh suara terbanyak berikutnya dari hasil pemilu kemarin.

Dihubungi terpisah, Ketua DPD Golkar Bangka Belitung, Bambang Patijaya menjelaskan tentang kebijakan terkait hal tersebut.

"Kalau dia merupakan peserta, kemudian berasal dari Partai Golkar tentu sesuai peraturan ada, dia harus mengundurkan diri. Kemudian surat pengunduran diri dilampirkan dia saat pencalonan di Pilkada, karena dia tidak boleh sebagai anggota dewan, karena aturannya begitu," jelas pria akrab disapa BPJ.

Terkait proses PAW tentu harus dilakukan sebelum mendaftarkan diri ke KPU (Komisi Pemilihan Umum).

(*)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved