Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Davitri: PAW Tak Bisa Diusulkan Parpol Langsung ke KPU

Davitri menyebut PAW tidak bisa diusulkan parpol secara langsung ke KPU, namun harus diusulkan ke DPR.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: suhendri
Bangka Pos/Muhammad Rizki
Davitri, Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Davitri menegaskan, partai politik tidak bisa mengusulkan calon anggota legislatif secara langsung melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW).

Davitri menyebut PAW tidak bisa diusulkan parpol secara langsung ke KPU, namun harus diusulkan ke DPR.

Setelah itu, baru ke KPU dan KPU menerima surat pergantian anggota antarwaktu dari DPR, lalu akan diproses lebih lanjut.

"Jika parpol langsung mengajukan PAW dan meminta langsung kepada KPU, KPU tidak bisa memprosesnya. Jadi, kita tidak bisa melakukan proses kalau ada yang mengajukan langsung ke kita, prosedurnya tetap melalui DPR dahulu, baru ke kita, KPU," kata Davitri saat ditemui bangkapos.com di kantornya, Kamis (3/9/2020).

Prinsipnya, lanjut dia, KPU akan menunggu dari DPR, barulah bisa dilakukan proses PAW.

"Ketika sudah ada permohonan untuk meminta nama-nama pengganti di bawah itu, maka kita akan menyerahkan nama-nama itu ke DPRD provinsi," ujar Davitri.

Dia menambahkan, untuk surat keputusan (SK) pemberhentiannya, KPU menunggu maksimal hingga 30 hari sebelum hari pemungutan suara pilkada.

"Untuk yang menggantikan, saya rasa tidak ada syarat khusus. Kami hanya memverifikasi yang bersangkutan memang benar suara terbanyak di bawah yang mengundurkan diri," tuturnya.

Lima anggota DPRD siap bertarung di pilkada

Sebelumnya diberitakan, sebanyak lima anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipastikan bakal bertarung pada Pilkada 2020, telah mengajukan surat pengunduran diri.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved