Breaking News:

TikTok, PUBG dan Ratusan Aplikasi Diblokir, China Sebut India Bahayakan Ekonominya Sendiri

India telah melarang 47 aplikasi China bulan lalu selain yang sebelumnya diblokir yaitu sejumlah 59 aplikasi.

Istimewa
Tik Tok 

BANGKAPOS.COM - China menuduh India "menyalahgunakan" konsep keamanan nasional dengan merugikan hak-hak investor China dan kepentingan konsumen India setelah New Delhi melarang lebih dari seratus lebih aplikasi seluler China.

Langkah tersebut dipandang oleh beberapa ahli sebagai pelanggaran hukum internasional.

Dilansir Arab News, India telah melarang 47 aplikasi China bulan lalu selain yang sebelumnya diblokir yaitu sejumlah 59 aplikasi.

Kedua negara adidaya tersebut sedang berada dalam kebuntuan militer sejak Mei atas sengketa perbatasan pegunungan di wilayah Himalaya di Ladakh.

"India telah menyalahgunakan konsep keamanan nasional dan mengadopsi tindakan pembatasan diskriminatif terhadap perusahaan China," kata juru bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng, di Beijing, Kamis (3/9/2020).

Tik Tok
Tik Tok (TribunStyle.com/Kolase)

Ia menambahkan bahwa tindakan India tidak hanya merugikan hak dan kepentingan investor dan penyedia layanan China, tetapi juga kepentingan konsumen India.

Sebab, langkah tesebut dinilai telah merusak iklim investasi India sebagai ekonomi terbuka.

Dua dari aplikasi paling populer - TikTok, yang dilarang pada bulan Juni, dan PUBG, yang dilarang pada hari Rabu - banyak digunakan oleh masyarakat di India.

PUBG Mobile Lite
PUBG Mobile Lite (ANDROID AUTHORITY)

Pada hari Rabu, Perdana Menteri India, Narendra Modi, melarang 118 aplikasi seluler dengan alasan masalah privasi data dan ancaman terhadap keamanan nasional.

"Pemerintah memblokir 118 aplikasi seluler, yang merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum," kata Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi dalam sebuah pernyataan.

Halaman
123
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved