Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tim PPDM Jurusan Gizi Poltekes Kemenkes Pangkalpinang Edukasi Stunting di Bukit Betung

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka mempunyai program sebagai upaya pencegahan stunting yang terfokus pada anak sekolah.

Istimewa/Ratmawati
Tim PPDM Poltekes Kemenkes Pangkalpinang foto bersama dengan mahasiswa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tingginya populasi anak usia dini di Kelurahan Bukit Betung, Kecamatan Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi perhatian bersama pemerintah desa dan masyarakat dalam upaya mencegah terjadinya stunting.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka mempunyai program sebagai upaya pencegahan stunting yang terfokus pada anak sekolah dengan tema penyuluhan tentang gizi seimbang.

Tim program pengembangan desa mitra (PPDM) Poltekes Kemenkes Pangkalpinang mengadakan kegiatan pengabdian memberikan edukasi ke masyarakat terkait stunting, di Kelurahan Bukit Betung, Jumat (4/9/2020) sampai dengan Sabtu (5/9/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa jurusan gizi Poltekes Kemenkes Pangkalpinang yang diikuti guru PAUD, PKK dan kader dengan tema Indahnya Pelangi di Piring Makanku.

Program Isi Piringku merupakan penerapan dari Pedoman Gizi Seimbang yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Tema Pelangi di Piring Makanku mengajarkan bahwa setiap warna dari sayur, buah dan bahan pangan lain memiliki manfaat kesehatan tersendiri.

"Edukasi gizi tentang indahnya pelangi di piring makanku dapat menjadi salah satu upaya mengatasi masalah stunting di masyarakat dengan pendekatan lintas profesi. Sehingga terjalin kerjasama yang sinergis antara Poltekkes Pangkalpinang, Pemerintah Desa, serta lembaga pendidikan dan organisasi kemasyarakatan yang meliputi guru PAUD, PKK dan kader di wilayah Kelurahan Bukit Betung," ungkap Ratmawati kepada bangkapos.com, Minggu (6/9/2020).

Pembukaan acara secara resmi dibuka oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka yaitu Kasie Gizi, Desi Yanti.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan edukasi gizi stunting tentang Indahnya Pelangi di Piring Makanku yang disampaikan oleh Ratmawati.

Lebih lanjut, pada hari berikutnya diadakan lomba Indahnya Pelangi di Piring Makanku, Sabtu, 5 September 2020.

Setiap kelompok peserta menyajikan hasil karyanya dalam bentuk piring makanku untuk satu kali makan dan dilakukan penilaian oleh tim juri yaitu Ori Pertami Enardi, Ratmawati dan Karina Dwi Handini.

"Proses penilaian berdasarkan kriteria citarasa, variasi pengolahan, penampilan, penyajian, ketepatan porsi, dan kebersihan,'' kata Ratmawati.

Setiap pemenang mendapatkan tropi dan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi bagi peserta dalam menghasilkan karya melalui lomba Indahnya Pelangi di Piring Makanku.

Adapun pemenang pada kegiatan lomba berturut-turut adalah Kader Posyandu Kelurahan Bukit Betung, Ibu PKK Kelurahan Bukit Betung, dan PAUD Amaliyah.

(*)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved