Breaking News:

Berita Sungailiat

Dukung Layanan Masyarakat, Mulkan Serahkan Dua Ambulans ke Puskesmas Pariwisata

Kedua kendaraan ini diharapkan dapat menunjang operasional kedua Puskesmas pariwisata yang sedang dibangun di wilayah tersebut.

Bangkapos.com/Edwardi
DINKES Bangka saat menyerahkan dua ambulans lengkap dengan peralatan pendukung kepada Bupati Bangka Mulkan di halaman Kantor Bupati Bangka, Senin (7/9/2020). 

BANGKAPOS.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka menyerahkan dua unit mobil ambulans lengkap dengan peralatan pendukung yang berfungsi sebagai puskesmas keliling kepada Bupati Bangka, Mulkan di halaman Kantor Bupati Bangka, Senin (7/9/2020).

Kemudian, Mulkan menyerahkan kedua mobil ini kepada Kepala Puskesmas Pariwisata Sungailiat, dr Rudi dan Kepala Puskesmas Sinarbaru, Sriwidiati.

Kedua kendaraan ini diharapkan dapat menunjang operasional kedua Puskesmas pariwisata yang sedang dibangun di wilayah tersebut.

Kepala Dinkes Bangka, dr Then Suyanti mengatakan Kabupaten Bangka mendapatkan bantuan DAK Penugasan Tahun 2020 dari pemerintah pusat.

Bantuan ini kemudian digunakan untuk dua unit mobil ambulans yang berfungsi sebagai Puskesmas keliling agar dapat mendukung sarana dan prasarana Puskesmas pariwisata yang sedang dibangun di pusat Kota Sungailiat dan Kelurahan Sinarbaru.

"Total DAK Penugasan yang kita terima dari pemerintah pusat untuk membangun dua Puskesmas pariwisata itu sekitar Rp20 miliar lebih, sedangkan untuk dua mobil ambulans Pusling ini Pagu anggaran Rp737 juta, setelah dilelang anggarannya Rp717 juta untuk dua mobil ambulans spek Pusling," kata Then.

Namun diakuinya, karena saat ini sedang pandemi Covid-19, maka sementara kendaraan ini bisa digunakan untuk melayani pasien terindikasi Covid-19.

"Untuk Puskesmas pariwisata ini karena Kota Sungailiat masuk daerah tujuan pariwisata, sehingga pemerintah pusat membantu untuk membangun kedua Puskesmas pariwisata ini. Nanti Puskesmas ini akan dilengkapi kafe jamu/herbal, spa, pijit tradisional, akupuntur dan fasilitas lainnya," jelasnya.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan pengadaan kedua ambulans ini merupakan bagian dari paket pembangunan dua Puskesmas pariwisata yang sedang dibangun di Kecamatan Sungailiat.

"Kita berharap kedua ambulans ini bisa berfungsi sebagai Puskesmas keliling yang akan melayani masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka ini, terutama untuk perawatan dan penjemputan warga yang sakit untuk dibawa ke rumah sakit atau Puskesmas, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan," kata Mulkan.

Harapannya, dengan adanya dua unit mobil ambulans ini dapat berperan memberikan pelayanan pertama dan meningkatkan akses atau jangkauan pelayanan di wilayah kerja kedua Puskesmas pariwisata ini.

"Juga bisa digunakan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang rumahnya jauh dan sulit untuk mendapatkan layanan Puskesmas, sehingga dengan adanya dua mobil ambulans ini bisa sebagai transportasi bagi masyarakat yang sedang sakit untuk dibawa dan dirawat ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat," harap Mulkan.

Termasuk, bisa dimanfaatkan untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat di luar gedung seperti di posyandu, imunisasi, penyuluhan kesehatan, KIA, surveilans dan pemberdayaan masyarakat.

"Juga bisa digunakan untuk mendukung pelayanan rujukan ke rumah sakit yang lebih lengkap, apalagi saat ini sedang ada pandemi Covid-19, karena mobil ambulans untuk pasien terpapar wabah Covid-19 ini tidak boleh dicampur dengan pelayanan mobil ambulans pasien-pasien penyakit lainnya," tegas Mulkan. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved