Breaking News:

Pilkada Bangka Tengah

Ketua Bawaslu Bateng Jelaskan Aturan Kampanye Paslon Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Ketua Bawaslu Bateng, Robianto menyebutkan, akan melakukan pengawasan terhadap pasangan calon bupati dan wakil bupati (wabup) Bangka Tengah.

(Bangka Pos/Ramandha)
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Robianto. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Robianto menyebutkan, akan melakukan pengawasan terhadap pasangan calon (paslon), bupati dan wakil bupati (wabup) Bangka Tengah. 

Pengawasan dalam kontestasi politik pemilihan umum kepala daerah (pilkada), kabupaten Bangka Tengah tentunya akan dijalankan sesuai aturan yang berlaku. 

Robianto mengatakan, hal itu terutama saat berlangsungnya proses kampanye bakal pasangan calon (bacalon) kepala daerah kedepannya.

Ia menuturkan, pada pelaksanaan kampanye beberapa waktu mendatang, para peserta wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

"Ini sudah kami sosialisasikan dengan partai politik. Nanti, dalam waktu dekat juga, kami akan sosialisasikan kembali, terkait dengan protokol kesehatan Covid-19," jelasnya kepada Bangka Pos, Selasa (8/9/2020).

Dia menuturkan, sosialisasi tersebut juga akan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian setempat. Terutama, dalam pelaksanaan kampanye peserta pilkada Bangka Tengah kedepannya.

Ditambah lagi, dengan aturan kampanye yang mengharuskan kedua belah pihak mengantongi izin dari kepolisian.

"Harus ada STTP untuk pelaksanaan kampanyenya nanti kan. Di PKPU (No.6 Tahun 2020), juga sudah ada batasannya," ucap Robianto.

Ia mencontohkan, apabila pelaksanaan kampanye yang dilakukan di dalam ruangan, maksimal hanya dapat diikuti 50 persen dari kapasitas orang di dalam ruangan terkait.

Kemudian, keharusan penggunaan masker, menjaga jarak antar orang serta diwajibkannya sarana pencuci tangan dengan sabun di tempat tersebut.

Halaman
12
Penulis: Ramandha
Editor: eltjandring
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved