Breaking News:

Advertorial

Pansimas Tingkatkan Akses Air Bersih dan Sanitasi Perdesaan

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berkolaborasi dengan pemerintah pusat melalui kementrian PUPR

Ist
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Barat Drs Rozali mewakili Bupati Bangka Barat Markus saat sosialisasi Pamsimas tahap III, Selasa (8/9) 

BANGKAPOS.COM- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berkolaborasi dengan pemerintah pusat melalui kementrian PUPR menyediakan akses air minum dan sanitasi melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) III.

Bupati Bangka Barat Markus dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rozali pada acara sosialisasi Pansimas III, Selasa (8/9) menjelaskan, Pansimas bertujuan meningkatkan akses aman air minum dan sanitasi perdesaan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Menurutnya, khusus di Bangka Barat program Pansimas sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu.

“Dalam prosesnya, pansimas merupakan wujud kemitraan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat dalam hal penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Salah satu bentuk dukungan pansimas adalah hibah insentif desa (HID) 2021,” kata Rozali membacakan sambutan Markus.

HID tersebut diberikan kepada desa pasca pansimas yang telah menunjukkan kinerja baik dan mempunyai keterfungsian sarana.

Adapun desa-desa pasca pansimas yang diusulkan antara lain desa Ibul, desa Kundi, desa Peradong, desa Bukit Terak, desa Air Bulin, desa Terentang dan desa Tugang.

“Selain itu, Kabupaten Bangka Barat juga mendapatkan dana untuk pembangunan baru yang diberikan kepada 5 desa regular dan desa prioritas penanganan stunting yaitu, desa Pelangas, Simpang Gong, Rambat, Sinar Sari, dan Pangkal Beras,” lanjutnya lagi.

Kepala Bidang Persik BP4D Bangka Barat, Safrizal menegaskan dalam menyukseskan program ini dibutuhkan komitmen bersama stakeholder agar dalam pelaksanaannya tidak hanya berorientasi pada output.

“Akan tetapi, lebih kepada keberlanjutannya dan termanfaatkannya fasilitas yang sudah dibangun,”pungkas Safrizal. (*)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved