Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BPS Bangka Belitung Seminar Online Menjaga Keberlanjutan Ekspor, Peringati Hari Statistik Nasional

Kepala Badan Pusat Statistik Dr Suhariyanto mengatakan penetapan hari statisik dilakukan Presiden Republik Indonesia.

bangkapos.com
Kepala BPS Dr Suhariyanto dan beberapa narasumber webinar memperingati Hari Statistik Nasional. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Memperingati Hari Statistik Nasional, Badan Pusat Statistik Provinsi Bangka Belitung mengadakan Seminar Online Analisis Isu Terkini: Menjaga Keberlanjutan Ekspor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kini dan Nanti via Zoom dan Youtube BPS Babel, Rabu (9/9/2020).

Webinar ini dimoderatori oleh Dekan Fakuktas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Dr Reniati.

Kepala Badan Pusat Statistik Dr Suhariyanto mengatakan penetapan hari statisik dilakukan Presiden Republik Indonesia.

"Pada hari stastik ini kita ingin mengingatkan betapa pentingnya data untuk membuat kebijakan, mengingatkan peran penting masyarakat dan mendorong pelaku statisik untuk melakukan statistik sesuai kaidah yang berlaku," ujar Dr Suhariyanto.

Ia berharap kedepannya dengan memperingati hari statistik dapat membangun statistik nasional handal dan mewujudkan satu data Indonesia statistik yang berkualitas.

Selain itu, kondisi ekspor di tengah pandemi Covid-19 dijelaskannya bahwa telah membawa dampak yang buruk, berefek pada masalah kesehatan dan bergulir ke masalah perekonomian.

Bila tidak ditangani segera tentu akan berdampak buruk. Untuk menghadang Covid-19 ini maka setiap negara mengambil kebijakan untuk menangani dan tentu mengutamakan aspek kesehatan.

"Perekonomian Babel mengalami -4,98 persen. Konsumsi rumah tangga di Babel tumbuh negatif serta ekspor dari Babel tumbuh negatif 41,84 persen. Maka Provinsi Babel harus memikirkan beberapa upaya agar perekonomian pulih," lanjut Dr Suhariyanto.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami mengatakan pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung triwulan II 2020 mengalami kontraksi cukup dalam.

"Kinerja ekspor untuk Bangka Belitung, sebetulnya menjadi kontribusi terbesar kedua terhadap PDRB Babel. Namun mengalami kontraksi, hal ini didorong oleh penurunan ekspor logam timah," ujar Dwi.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved