Breaking News:

Jakob Oetama, Sosok Pimpinan yang Memanusiakan Karyawannya

Banyak kesan mendalam dan kenangan manis yang ditinggalkannya bagi keluarga besar Kompas Gramedia. Salah satunya

Arsip Kompas Gramedia
Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA-Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama, Rabu (9/9/20200) meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Kepergiannya tentu meninggalkan duka mendalam bagi keluarga besar Kompas Gramedia dan dunia pers Indonesia.

Banyak kesan mendalam dan kenangan manis yang ditinggalkannya bagi keluarga besar Kompas Gramedia.

Salah satunya diungkapkan seniman Jodhi Yudhono.

Ia menceritakan bagaimana kenangan manis dan nilai-nilai yang ditularkan mendiang Jakob Oetama selama memimpin Kompas Gramedia. Dalam siaran langsung Kompas TV, Jodhi mengatakan Jakob Oetama telah mensejahterakan puluhan ribu karyawan Kompas Gramedia.

"Kasihnya itu terasa sampai ke kami, di bawah. Sayangnya itu sampai terasa betul, bagaimana dia memperlakukan manusia, bukan hanya karyawan, tapi manusia, dimuliakan betul oleh Pak Jakob," kata Jodhi seperti dikutip Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Pernah menjadi salah satu wartawan Kompas.com, Jodhi mengungkapkan bahwa Jakob Oetama juga mensejahterakan secara materiel. "Kita bisa mendapatkan bonus itu sampai lebih dari 20 kali dalam setahun waktu itu, itu secara materiel," ungkap Jodhi.

Terlepas dari itu, yang paling diingat Jodhi adalah sikap Jakob Oetama memperlakukan karyawan sebagaimana manusia sehingga nyaris tidak ada jarak atasan dan bawahan.

"Bagaimana kita tidak harus memanggil Bapak kepada atasan kita, tetapi cukup Mas atau Mbak. Itu saya kira sentuhan-sentuhan humanismenya Pak Jakob yang kami rasa hingga sekarang," ucap Jodhi. Bahkan, nilai-nilai yang diterapkan Jakob Oetama pun menular hingga ke Jodhi dan rekan-rekan lainnya.

"Apa saja yang dikatakan atau diajaran oleh Pak Jakob, itu menjadi panduan kami, panduan moral kami, panduan langkah kami," ucapnya.

Halaman
1234
Penulis: Iwan Satriawan (Wan) CC
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved