Breaking News:

Kisah Inspiratif Douglas Bader, Pilot Tanpa Kaki Legendaris yang Ditakuti Jerman

Kedua kakinya diamputasi akibat kecelakaan terbang pada akhir 1931. Lalu dengan kaki palsunya ia menjadi legenda di udara,

RAF MUSEUM
Douglas Bader 

BANGKAPOS.COM- Meski anggota tubuhnya tidak lengkap, Douglas Bader enggan menyerah dengan keadaan dan terus berjuang di medan perang.

Pilot tanpa kaki yang menjadi pahlawan perang di Inggris ini menjadi contoh nyata, bagaimana keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang untuk beraktivitas bahkan berprestasi.

Kedua kakinya diamputasi akibat kecelakaan terbang pada akhir 1931. Lalu dengan kaki palsunya ia menjadi legenda di udara, salah satu pilot terbaik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF).

 "Penyandang disabilitas yang melawan bukanlah cacat... tapi terinspirasi," kalimat itu terpampang di situs web badan amal Douglas Bader Foundation.

Yayasan itu didirikan oleh teman-teman dan keluarga Bader tak lama setelah dia meninggal pada 5 September 1982.

Kata-kata Bader memang sangat inspiratif. Ia dikenal sebagai sosok yang dihormati kawan dan disegani lawan.

Kutipan lainnya yang menggugah semangat adalah, "Jangan dengarkan siapa pun yang mengatakan Anda tidak bisa ini itu. Itu tidak masuk akal."

Pilot yang dikreditkan menembak jatuh 22 pesawat Jerman ini mengucapkannya saat bekerja untuk badan amal Blesma, asosiasi veteran perang yang kehilangan anggota tubuh.

"Fokuskan pikiran Anda tidak akan pernah menggunakan kruk atau tongkat, kemudian mencoba segalanya... Jangan pernah, jangan biarkan mereka meyakinkan Anda bahwa segala sesuatunya terlalu sulit atau tidak mungkin," kata Bader yang dikutip situs web Museum RAF.

Berbagai pencapaian Bader

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved