Breaking News:

DIsebut Intelijen Terbaik Dunia, Ini Sejumlah Kegagalan Mossad

Berbagai misi tempur yang dilancarkan militer Israel pun sukses karena fungsi intelijen Mossad telah

Middle East Monitor
Mossad 

BANGKAPOS.COM- Mossad, diketahui merupakan salah satu organisasi intelijen terbaik di dunia, baik dalam organisasi, cara kerja, maupun hasil kerjanya.

Awal berdirinya Mossad pada tahun 1938, agen rahasia ini dibentuk untuk mengorganisir orang-orang Yahudi yang ingin pulang ke tanah asalnya, Israel.

Hal itu karena orang-orang Yahudi banyak tersebar di sejumlah negara.

Kemudian cara kerja Mossad pun terus berkembang khususnya dalam metode operasi, ideologi, dan politik hingga akhirnya Mossad mampu membentuk diri sebagai badan intelijen tangguh.

Ketika negara Israel akhirnya secara resmi berdiri pada 1948, Mossad pun menjadi institusi intelijen yang paling diandalkan Israel untuk mengatasi berbagai masalah, khususnya dari negara-negara dan organisasi yang menjadi musuh utama Israel.

Berbagai misi tempur yang dilancarkan militer Israel pun sukses karena fungsi intelijen Mossad telah menjadi ujung tombak untuk memenangkan pertempuran.

Tak hanya itu, sejak negara Israel berdiri, Mossad bahkan melancarkan operasi penangkapan terhadap tokoh-tokoh penjahat perang Nazi dan sukses.

Sejumlah penjahat perang Nazi Jerman yang bertanggung jawab terhadap pembantaian jutaan orang Yahudi selama PD II yang berusaha kabur ke sejumlah negara seperti Amerika Selatan terus diburu oleh Mossad tanpa mengenal menyerah.

Selain Mossad, Israel juga memiliki badan intelijen dalam negeri, Shin Bed dan intelijen umum, Aman. Ketiga institusi intelijen Israel itu bekerja saling bahu-membahu guna memerangi musuh-musuh Yahudi.

Markas besar Mossad yang berada di ibukota Israel, Tel Aviv mempunyai anggota sekitar 2.000 personel dan struktur organisasinya terdiri dari delapan departemen.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved