Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Apa itu Business Intelligence? Ini Kelebihannya Saat Berbisnis di Era Digital

Business Intelligence (BI) atau Intelijensi Bisnis yang bisa dimanfaatkan pada bisnis di era digital.

Ist/Hengki
Kaprodi Bisnis Digital ISB Atma Luhur, Hengki 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kaprodi Bisnis Digital ISB Atma Luhur, Hengki menjelaskan Business Intelligence (BI) atau Intelijensi Bisnis yang bisa dimanfaatkan pada bisnis di era digital.

"Business Intelligence (BI) memliliki arti system informasi dan praktik yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, mengolah dan menyajikan data mentah suatu organisasi untuk menghasilkan informasi bisnis yang tak terlihat sehingga teknologi BI memberikan tampilan operasi bisnis yang historis, terkini dan prediktif," kata Hengki, Sabtu (12/9/2020) kepada Bangkapos.com.

Lebih lanjut, ia mengatakan teknologi BI sudah diterapkan dibanyak perusahaan di Bangka Belitung misalnya dalam perbankan, pendidikan, kesehatan, transportasi dan lain-lain.

"Contoh sudah banyak di kehidupan sehari-hari kita misalnya system informasi penjualan untuk mengukur kinerja pendapatan, grafik harga saham, dan hampir semua aplikasi yang memiliki dashboard merupakan BI (Business Intelligence)," jelas Hengki.

Menurutnya, ada beberapa manfaat menggunakan BI meliputi meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan, mempercepat mendapatkan informasi bisnis serta meningkatkan pendapatan organisasi atau perusahaan, meningkatkan efisiensi operasional, mendapatkan keunggulan kompetitif dalam bidang usaha dan mengidentifikasi data yang tak terlihat.

"Kerugiannya hampir tidak ada, mungkin bagi organisasi kecil perlu biaya tambahan untuk menggunakan teknologi BI ini," sebut Hengki.

Ia menambahkan hampir semua platform bisnis digital sudah menggunakan teknologi BI, oleh sebab itu perlu semua organisasi misalnya UMKM jika mau maju harus menggunakan teknologi BI untuk melihat perkembangan segmentasi pasar dan meningkatkan penjualan.

Jika untuk startup rata-rata sudah menggunakan BI Dashboard dalam proses bisnis aplikasinya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved