Breaking News:

Techno

Tiga Laptop Gaming Lenovo Legion Terbaru Masuk Indonesia, Cocok untuk Streamer hingga Gamers

Pabrikan komputer Lenovo memboyong sederet laptop gaming teranyar yang bernaung di bawah lini Legion di Indonesia.

Kompas.com
Lenovo Legion 7i. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pekan ini, pabrikan komputer Lenovo memboyong sederet laptop gaming teranyar yang bernaung di bawah lini Legion di Indonesia. Laptop-laptop gaming itu adalah Lenovo Legion Y740Si, 7i, hingga 5Pi.

"Jajaran Lenovo Legion gaming laptop terbaru dihadirkan untuk pekerja kantor, profesional di bidang kreatif, streamer, hingga seorang gamers," ujar General Manger Lenovo Indonesia, Budi Janto, dalam acara peluncuran online, Rabu (9/9/2020).

Dari ketiga laptop, Lenovo Legion Y740Si bisa dibilang paling menarik. Sebab, tak hanya unit laptopnya saja, perangkat komputer ini juga dilengkapi dengan aksesori ekstra bernama Lenovo Legion BoostStation.
Aksesori yang berbentuk bak CPU komputer mungil ini bisa dipasangi dengan pengolah grafis (GPU) eksternal yng mendukung kartu grafis Nvidia GeForce atau AMD Radeon, serta HDD/SSD eksternal.

Untuk menghubungkannya ke laptop Lenovo Legion Y740Si, pengguna cukup mencolokkan kabel Thunderbolt 3 ke port yang tersedia. Lenovo Legion Y740 Si sendiri ditenagai dengan prosesor (CPU) hingga Intel Core i9 generasi ke-10, RAM hingga 32 GB, SSD hingga 2 TB, WiFi 6, serta baterai 80 Whr yang diklaim kuat hingga 8 jam pemakaian. Layar laptop ini bisa dibuka dan dibentangkan hingga 180 derajat, dan memiliki diagonal 15,6 inci dengan resolusi 4K HDR yang memiliki tingkat kecerahan 600 nits. Fitur lainnya mencakup teknologi TrueStrike Keyboard, berikut sistem pendingin ColdFront 2.0.

Laptop yang memiliki bobot 1,7 kg dan dimensi 1,49 cm ini dijual dengan harga mulai dari Rp 37 juta. Harga tersebut sudah termasuk Legion BoostStation yang sudah terpasang dengan GPU Nvidia GeForce RTX 2060. Aksesori ekstra ini sendiri tidak bisa dibeli secara terpisah dan tidak bisa dihubungkan dengan perangkat laptop lain.

"Legion BoostStation bisa memberikan pengalaman grafis desktop dengan Nvidia GeForce RTX 2060. Aksesori ini tidak dijual terpisah," jelas Consumer Notebook 4P dan T1 Lenovo Indonesia, Kevin Adityo di kesempatan yang sama.

Berbeda dengen Y740Si, Lenovo Legion 7i tidak hadir dengan BoostStation. Artinya, pengguna hanya akan mendapatkan unit laptopnya saja. Laptop gaming ini ditenagai dengan CPU hingga Intel Core i7 generasi ke-10, GPU hingga Nvidia GeForce RTX 2070 Max-Q, RAM hingga 32 GB, SSD hingga 1 TB, serta baterai berkapasitas 80Wh yang diklaim memiliki daya tahan hingga 8 jam.

Lenovo Legion 7i memiliki layar IPS berukuran 15,6 inci (resolusi Full HD) dengan refresh rate 144 Hz dan tingkat kecerahan hingga 500 nits. Layar ini mendukung teknologi Nvidia G-Sync dan diklaim memiliki waktu respons hanya 1 ms. Untuk menunjang pengalaman bermain game, Legion 7i dibekali dengan sejumlah fitur dan teknologi terkini dari Lenovo.
Beberapa di antaranya seperti Lenovo Vantage Control, Lenovo Q-Control 3.0, Rapid Charge Pro, keyboard dengan teknologi TrueStrike, hingga sistem pendingin ColdFront 2.0. Lenovo Legion 7i dijual mulai harga Rp 30 juta.

Sama seperti "saudaranya", Legion 5Pi dibekali dengan layar IPS berukuran 15,6 inci (resolusi Full HD). Namun, Legion 5Pi yang memiliki refresh rate 144 Hz tidak mendukung teknologi Nvidia G-Sync.

Dari segi performa, laptop gaming ini memiliki konfigurasi CPU hingga maksimal Intel Core i7-10875H, GPU hingga Nvidia GeForce RTX 2060, RAM hingga 32 GB, SSD 1 TB, serta baterai 80 Wh.

Fitur lainnya mencakup sistem pendingin ColdFront 2.0, keyboard TrueStrike dengan fitur anti-ghosting, WiFi 6, serta teknologi suara Dolby Atmos. Selain ada di 5Pi, fitur-fitur penunjang ini juga hadir di Lenovo Legion 7i. Legion 5Pi sendiri dibanderol dengan harga mulai dari Rp 28 juta.

Selain meluncurkan seri laptop Legion, Lenovo juga memboyong IdeaPad Gaming 3. Seperti nama serinya, laptop ini diboyong untuk memenuhi kebutuhan para gamers pemula atau mahasiswa yang menginginkan laptop gaming terjangkau.

Sehingga, tak aneh harganya lebih murah dibanding tiga laptop Legion sebelumnya, yakni mulai dari Rp 13 juta. Meski harganya murah, CPU laptop gaming ini berbeda dengan ketiga laptop Legion sebelumnya. Laptop ini bisa ditenagai dengan prosesor hingga AMD Ryzen 7, GPU Nvidia GeForce GTX 1650/1650 Ti, RAM hingga 16 GB, serta SSD hingga 512 GB. Layarnya berjenis IPS dengan diagonal 15 inci, resolusi Full HD, dan refresh rate 120 Hz. IdeaPad Gaming 3 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 13 juta.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 3 Laptop Gaming Lenovo Legion Terbaru Masuk Indonesia

Editor: Rusaidah
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved