Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Terdakwa Surya Chandra Akui Congkel Pintu Pakai Linggis, Korban Kaget Banyak Barang Hilang

Surya Chandra (35), mengakui perbuatannya di hadapan majelis hakim PN Kota Pangkalpinang bahwa telah melakukan tindak pidana pencurian.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)
Suasana sidang saksi dengan terdakwa Surya Chandra, di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang, Senin (14/09/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Surya Chandra (35), mengakui perbuatannya di hadapan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang bahwa telah melakukan tindak pidana pencurian, Senin (14/9/2020).

Meski tidak hadir di PN Pangkalpinang, pengakuan terdakwa yang saat ini ditahan di Lapas Tuatunu tersebut didengar langsung oleh majelis hakim dalam sidang yang berlangsung melalui Video Telekomfrens. 

Terdakwa Surya Chandra yang merupakan warga Kelurahan Bacang, Kota Pangkalpinang mengatakan melakukan aksi pencurian seorang diri dengan menggunakan linggis.

"Waktu itu saya sendiri, terus saya rusak pintu teralis belakang, kalau linggis saya ketemu di sekitar rumah korban, terus saya pakai itu bikin  rusak pintu," ujar terdakwa Surya.

"Barang-barang itu saya pakai sendiri, barang-barang itu saya ambil tiga kali saya simpan di semak-semak. Terus saya bawa ke rumah jarak rumah saya sama korban ada setengah jam, kalau rumahnya hutan masih sepi." 

Tak hanya mendengarkan keterangan terdakwa, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Meta Hendayani juga telah menghadirkan saksi sekaligus korban guna memberikan keterangannya.

"Kejadiannya saat itu saya lagi parkir terus istri masuk rumah, televisi sudah enggak ada terus saya cek ke belakang pintu sudah dijebol. Pintu belakang sama tralis udah rusak, saya cuma tiga jam ninggalin rumah udah gitu," tutur saksi Yusuf.

Selain itu, Monica, istri saksi Yusuf juga mengaku kaget akan hilangnya beberapa barang di rumahnya yang beralamat di Kelurahan Temberan, Kota Pangkalpinang.

"Pertama kali liat televisi udah engak ada kaget banget, terus liat barang-barang lain juga udah gak ada. Motor juga kayak mau diambil tapi kayaknya gak jadi, daerah itu masih sepi sih jarak rumah jauh-jauh tapi belum pernah ada yang kemalingan," jelas saksi Monica.

Satu unit televisi 49 inch, satu unit laptop, satu unit PS 3, satu unit speaker dan satu buah tabung gas 12 Kg menjadi barang buktu yang didapat dari terdakwa Surya Chandra.

Usai mendengarkan keterangan saksi dan terdakwa, sidang yang dipimpin oleh Siti Hajar Siregar pun menutup dan melanjutkan persidangan pada Rabu (16/09/2020) dengan agenda tuntutan. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: eltjandring
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved