Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tinggi Gelombang Perairan Babel Capai 2 Meter, Basarnas MInta Nelayan Hati-hati

Kepala Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang (Basarnas Babel) Fazzli meminta nelayan Bangka Belitung untuk berhati-hati saat melaut.

Bangkapos.com/Yuranda
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang (Basarnas Babel), Fazzli. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang (Basarnas Babel) Fazzli turut meminta nelayan Bangka Belitung untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas di laut.

Imbauan ini ia sampaikan mengingat di perairan Pulau Bangka Belitung khususnya Kota Pangkalpinang, diperkirakan tinggi gelombang satu hingga dua meter.

Ditambah lagi kondisi cuaca tidak menentu atau ekstrim, membuat para nelayan harus waspada, saat melakukan aktivitas di tengah laut.

"Para nelayan sebelum melaut, agar memperhatikan cuaca, persiapkan alat keselamatan dan tentukan arah lokasi yang menjadi tujuan pencarian ikan," ujar Fazzli, Senin (14/9/2020).

"Nelayan juga disarankan selalu menginformasikan kepada nelayan lain atau aparat desa ke mana arah yang dituju," katanya lagi.

Hal ini berguna untuk mempermudah pencarian, apabila terjadi kecelakan laut. Namun Ia berharap hal itu tidak terjadi, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Terkait cuaca yang tidak menentu dan sebagai langkah antisipasi, Basarnas Babel mempersiapkan peralatan keselamatan dan sejumlah personel.

Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kondisi yang membahayakan manusia, baik di darat maupun laut.

"Kami selalu standby (bersiap--red). Personel dan alat sudah siap, siapa tahu ada informasi yang membahayakan manusia atau kecelakan laut, kami siap bergerak," ujarnya.

Fazzli menyebut pihaknya menyiapkan dua unit kapal rescue ukuran 40 meter di Pangkalbalam, satu unit sea rider di Toboali, Bangka Selatan, satu unit sea rider di Manggar, Belitung Timur, dan alat utama (alut) darat di Pangkalpinang, Toboali, serta Belitung. (bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: eltjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved