Breaking News:

Berita Bangka Tengah

258 Perusahaan Berinvestasi di Bangka Tengah, Segini Nilainya Hingga Juni 2020

"Jumlah itu terdiri dari 3 kategori, yaitu jenis perusahaan primer, tersier dan skunder," jelasnya, kepada Bangka Pos, Selasa (15/9/2020).

bangkapos.com / Ramandha
Kepala DPMPTK Kabupaten Bangka Tengah, Kartina 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK), Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Kartina berharap geliat investasi di Bumi Selawang Segantang terus berkembang.

Kartina mengungkapkan, jumlah perusahaan yang berinvestasi di wilayah Kabupaten Bangka Tengah, hingga saat ini sebanyak 258 perusahaan.

"Jumlah itu terdiri dari 3 kategori, yaitu jenis perusahaan primer, tersier dan skunder," jelasnya, kepada Bangka Pos, Selasa (15/9/2020).

Ia menuturkan, perusahaan kategori primer sendiri, terdiri dari perusahaan yang bergerak di bidang tanaman pangan dan perkebunan sebanyak 13 perusahaan, peternakan 2 perusahaan, kehutanan 0 perusahaan, perikanan sebanyak 1 perusahaan, hingga pertambangan sejumlah 5 perusahaan.

"Dari sejumlah perusahaan itu, hingga saat ini, Juni 2020, terhitung menghasilkan realisasi investasi sebesar Rp 148.968.898.643 milyar," ungkapnya.

Sementara kategori sekunder, bidang industri makanan dan minuman 8 perusahaan.

Bidang lainnya yang termasuk di dalam kategori (sektor) sekunder, masih kurang diminati, seperti di jenis usaha industri tekstil, industri barang dari kulit dan alas kaki, industri kayu serta industri kertas dan percetakan.

"Nilai realisasi investasi hingga Juni (tahun 2020) ini, sebesar Rp 10.701.500.000 milyar," terangnya.

Untuk kategori atau perusahaan sektor tersier tercatat paling banyak memberikan nilai investasi di Bangka Tengah.

Perusahaan itu meliputi, listrik dan gas 4 perusahaan, konstruksi 20 perusahaan, perdagangan dan reparasi 30 perusahaan, hotel dan restoran 10 perusahaan, transportasi, gudang dan komunikasi 6 perusahaan, perumahan kawasan industri dan perkantoran sebanyak 10 perusahaan serta jasa lainnya sejumlah 11 perusahaan.

Dari jumlah total perusahaan sektor tersier, tercatat sebanyak 91 perusahaan yang menghasilkan nilai realisasi investasi di Bangka Tengah. 91 perusahaan tersebut, menghasilkan Rp 1.159.020.701.997 triliun.

"Kalau secara keseluruhan, ada 120 perusahaan yang aktif memberikan realisasi investasi, dari jumlah keseluruhan yakni, 258 perusahaan. Sementara jumlah total realisasi investasi di Bangka Tengah hingga sekarang sebesar Rp 1.318.691.100.640 triliun," sebutnya.

Dirinya bersyukur atas semakin berkembangnya geliat investasi di Bangka Tengah.

Mengingat, hingga Juni tahun ini, semangat para investor tetap tumbuh walaupun penyebaran Virus Corona (Covid-19) masih berlangsung hingga sekarang.

"Meskipun dalam kondisi Covid-19, Alhammdulillah, investasi kita tetap jalan. Ini sebenarnya bukan hanya perusahaan yang baru. Termasuk juga perusahaan yang lama, tapi belum terdaftar di kita sebelumnya. Makanya kita daftarkan kembali," pungkasnya. (Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved