Breaking News:

Pilkada Bangka Selatan

Simulasi Sispamkota di Pelabuhan Sadai, Massa Bakar Fasum Hingga Pencurian Logistik Pilkada

Aksi pembakaran sebuah fasilitas umum juga disimulasikan dalam rangkaian kegiatan pengamanan Pilkada 2020 ini.

Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
AKSI demonstrasi dalam simulasi Sispamkota di Pelabuhan Sadai, Basel, Selasa (15/9/2020). 

BANGKAPOS.COM - Aksi demonstrasi hingga pencurian logistik di perairan selimuti proses pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sekaligus Operasi Mantap Praja 2020 Polres Bangka Selatan yang digelar di Pelabuhan Sadai, Selasa (15/9/2020).

Aksi pembakaran sebuah fasilitas umum juga disimulasikan dalam rangkaian kegiatan pengamanan Pilkada 2020 ini.

Rangkaian simulasi digelar mulai dari tahapan kampanye pasangan calon.

Kemudian, dilakukan simulasi pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) dengan menerapkan protokoler kesehatan.

Namun, saat pelaksanaan pengumuman hasil pemungutan suara, para pendukung satu pasangan calon tidak menerima hasil yang disampaikan oleh KPU sehingga melakukan aksi yang berujung ricuh.

Karena kondisi yang tidak lagi dapat dibendung, kericuhan meluas bahkan berakhir pada perusakan fasilitas umum hingga pembakaran sebuah warung milik warga.

Dengan sigap, aparat kepolisian yang diisi oleh Dalmas, Satuan Sabhara dengan Raimas dengan perlengkapan lengkap disiagakan untuk mengatasi amukan massa.

Tak selesai kericuhan di darat, di lautan juga ternyata mengalami kondisi yang mengkhawatirkan dimana logistik Pilkada yang berisikan hasil pemilihan dan akan didistribusikan ke daerah tujuan melalui jalur laut dicuri di tengah lautan oleh sekumpulan perompak.

Mengetahui adanya aksi pencurian ini, tim dari Satuan Polisi Perairan langsung menaiki kapal untuk melakukan penolongan terhadap petugas dan logistik Pilkada.

Perkelahian di atas kapal juga tak dapat dihindari hingga akhirnya dapat diatasi dan logistik dapat kembali disalurkan.

Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan simulasi ini dapat menjadi gambaran untuk terus bersiaga selama tahapan Pilkada.

Ia juga menegaskan pihaknya terus memaksimalkan tugas pengamanan, baik di daratan maupun di lautan sehingga pelaksanaan setiap tahapan Pilkada tetap berjalan aman.

"Pengamanan ini harus terus ditingkatkan sampai nantinya pelaksanaan tahapan Pilkada berakhir," tegas Anang. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved