Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Transaksi Jual Beli Tanah, Notaris Sarankan Pembeli Konsultasi ke PPAT dan Cek Beberapa Hal Ini

Leo Erika mengatakan saat melakukan transaksi jual beli tanah memang perlu melakukan konsultasi terlebih dulu kepada PPAT.

bangkapos.com
Leo Erika, Notaris sekaligus PPAT. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketika seseorang hendak melakukan transaksi jual beli tanah atau properti tentu harus memahami beberapa hal terlebih dahulu.

Pemahaman ini agar kedepannya tak menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

Notaris sekaligus PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), Leo Erika mengatakan saat melakukan transaksi jual beli tanah memang perlu melakukan konsultasi terlebih dulu kepada PPAT.

"Menurut saya ketika ingin membeli tanah kemudian melakukan konsultasi kepada PPAT tentu lebih bagus, namun ada cara lain untuk pemeriksaan atau patokan awal ketika ingin membeli properti atau tanah," ujar Leo, Selasa (15/9/2020).

Lebih lanjut, ia menyarankan pembeli perlu memeriksa secara langsung ke lapangan kondisi tanah atau properti, bukan melalui foto atau iklan.

"Posisi tanah apakah sudah sesuai, apabila sudah cocok dengan hal itu maka perlu dilakukan pemeriksaan legalitas dengan cara minta diperlihatkan sertifikat tanah atau kepemilikan atas tanahnya," kata Leo.

Selain itu, poin penting lain yang perlu diperhatikan dengan memeriksa jenis haknya misalnya hak milik atau hak guna bangunan.

Bila hak guna bangunan maka perlu diperhatikan jenis berlaku hak tersebut, masih berlaku atau sudah lewat masa berlaku atau bahkan akan berakhir masa berlakunya.

Namun berbeda bila hak milik karena tidak ada masa berlakunya, sebab bersifat secara penuh tidak memiliki jangka waktu.

"Kalau membeli di developer atau pengembang pada umumnya itu jenis hak guna bangunan, pastikan luas fisik tersebut bahwa luas tanah fisik dengan di sertifikat itu sesuai, pastikan juga nama yang tertulis di dalam sertifikat nama pemiliknya, betul orang yang akan melakukan transaksi dengan pembeli," jelas Leo.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved