Breaking News:

Waspadai Kondisi Medis Ini Jika Mengeluh Sakit Telinga

Komplikasi dari otitis media secara umum dapat juga dibagi menjadi dua, yaitu intratemporal (sekitar telinga) dan intrakranial (otak).

Freepik/nensurla
Ilustrasi sakit telinga 

BANGKAPOS.COM - Jika Anda pernah merasakan keluhan sakit telinga, telinga terasa tersumbat, atau sampai keluar cairan dari telinga, sebaiknya jangan disepelekan.

Melansir Cleveland Clinic, keluhan sakit telinga, telinga terasa tersumbat, apalagi sampai keluar cairan dari telinga bisa menjadi gejala radang telinga tengah.

Radang telinga tengah sendiri dapat menyebabkan komplikasi ke otak.

Radang telinga tengah atau dalam bahaya medis disebut sebagai otitis media dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni otitis media supuratif dan otitis media non-supuratif.

Ditinjau dari perlangsungannya, masing-masing golongan memiliki bentuk akut dan kronis.

Apabila keadaan akut dari otitis media tidak ditangani dengan baik atau tidak diobati dengan tuntas, maka bisa jadi berkembang menjadi kronik.

Pada kondisi ini, radang telinga tengah bukan hanya dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran, tetapi juga bisa mengakibatkan komplikasi sehingga terjadi gangguan di organ lain.

Komplikasi dari otitis media secara umum dapat juga dibagi menjadi dua, yaitu intratemporal (sekitar telinga) dan intrakranial (otak).

Komplikasi intratemporal terdiri atas:

* Parese saraf wajah

Halaman
1234
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved