Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Jembatan Penghubung Bangka-Sumatera, Gubernur Bangka Belitung Sebut Bukan Wacana

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan memastikan pembangunan Jembatan penghubung Provinsi Sumatera Selatan

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan memastikan pembangunan Jembatan penghubung Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bukan lagi menjadi wacana, namun telah memasuki tahapan rapat resmi bersama Bappenas RI.

Menurut Erzaldi, setelah pelaksanaan rapat resmi bersama Bappenas RI barulah akan ditetapkan proses pembangunannya.

Tak sampai disitu, Erzaldi juga menyatakan jika dirinya akan melakukan forum group discussion (FGD) bersama Gubernur Provinsi Sumatera Selatan untuk menentukan titik yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan jembatan yang akrab disapa Jembatan Batera.

"Minggu depan kemungkinan kami akan FGD bersama Gubernur Sumsel. Ketika titik sudah ditentukan maka kita akan rapat lagi sama Bappenas RI," ungkap Erzaldi pada Selasa, (15/9/2020) kemarin.

Adapun jembatan ini lanjut Erzaldi kemungkinan akan dibangun dengan total panjang lebih kurang 13 kilometer dan menghubungkan antara Pulau Bangka dan Sumatera Selatan.

Sementara itu ketika dikonfirmasi mengenai total anggaran biaya yang dibutuhkan untuk membuat jembatan ini, Erzaldi belum dapat memastikannya.

Kendatipun belum dapat memastikan berapa biaya yang akan dihabiskan, Erzaldi dengan tegas menyebutkan dana pembangunan akan tersedia sampai dengan tahun 2024 mendatang.

"Pemerintah pusat juga mendukung sekali sehingga kita harap setiap proses berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Untuk titik lokasi pembangunan dan target pembangunan sendiri, Erzaldi tak ingin berkomentar banyak karena masih dirahasiakan.

Selain itu untuk target ataupun realisasi penggabungan diakui Erzaldi akan memakan waktu karena ini merupakan proyek besar dan akan terus ditindaklanjuti hingga pembangunan berakhir.

Senada dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer turut berkomentar mengenai pembangunan jembatan yang lokasinya berada di Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut Justiar, pihaknya bersifat membantu untuk mempersiapkan segala keperluan infrastruktur pendukung untuk pembangunan jembatan.

"Kita di kabupaten sifatnya mendukung dan mensupport agar proyek dapat berjalan dan dimanfaatkan demi kepentingan rakyat," ujar Justiar.

Selain itu pihaknya lanjut Justiar juga telah melakukan beberapa hal seperti persiapan untuk membuka jalan baru demi proses pembangunan.

"Kita udah bikin jalan untuk membuka jalan baru namun untuk proses lanjutannya akan dilakukan oleh pemerintah pusat," kata Justiar. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved