Breaking News:

Advertorial

Kali Ini, Giliran Petani Kecamatan Simpang Teritip yang Dapatkan Bantuan

Bantuan kali ini dibagikan di Desa Pangek, Kecamatan Simpang Teritip Bangka Barat, Rabu (16/9/20).

Diskominfo Babel
IST 

BANGKAPOS.COM - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali menyerahkan bantuan untuk kelompok tani yang ada di Kecamatan Simpang Teritip dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Bantuan kali ini dibagikan di Desa Pangek, Kecamatan Simpang Teritip Bangka Barat, Rabu (16/9/20). Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Juaidi dan jajarannya.

Gubernur Erzaldi dalam arahannya mengatakan, bantuan pemerintah bukan hanya bersifat langsung saja, tetapi juga melalui modal usaha Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang sangat rendah sehingga, usaha petani bisa berkembang.

Untuk itu, para petani jangan mengandalkan satu komoditi saja akan tetapi manfaatkan beragam komoditi di satu hamparan sehingga hasil petani lebih meningkat.

"Sekarang banyak orang menanam cabe, jahe, porang. Untuk itu, KUR sebagai penjamin modal usaha dan tentu saja porang ini juga ada penjamin harganya," ungkapnya.

Menurutnya, bantuan ini sangat diharapkan oleh para petani yang ingin memajukan usahanya. "Kami bersama forkopimda menyerahkan bantuan indukan sapi kepada peternakan, juga bibit lada, padi, pupuk, dan traktor. Bantuan ini kami berikan kepada seluruh kabupaten kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan harapan, petani kita dapat berkembang apalagi ditunjang oleh KUR," ujarnya.

Gubernur Erzaldi berharap, bantuan ini dapat mendorong petani dalam pengembangan usahanya sehingga perekonomian masyarakat di desa dapat meningkat.

Setelah memberikan arahan, Gubernur Erzaldi secara simbolis menyerahkan bantuan kepada penerima bantuan.

Kadis Pertanian Provinsi Kepulauan Babel, Juaidi ketika dikonfirmasikan mengatakan, ada beberapa bentuk bantuan yang diserahkan untuk kelompok tani yaitu bantuan benih dan pupuk organik untuk perluasan areal dan rehabilitasi lahan dengan tahun anggaran 2020 di Bangka Barat.

"Bantuan perluasan areal seluas 150 untuk 16 kelompok tani. Bantuan 240.000 batang dan pupuk organik sebanyak 60.000 kg. Selain itu, ada bantuan rehabilitasi 100 ha, untuk 11 kelompok tani, bibit sejumlah 80.000 batang, dan pupuk organik 20.000 kg," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: Dedy Qurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved