Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ombudsman RI Babel Sarankan Mediasi Terkait Permasalahan Perumahan PNS Tuatunu

Plh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung, Mariani menyarankan untuk melakukan mediasi menyelesaikan permasalahan Perumahan PNS Tuatunu.

Istimewa/Mariani
Plh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, Mariani . 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Plh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, Mariani menyarankan untuk melakukan mediasi dalam menyelesaikan permasalahan Perumahan PNS Tuatunu.

"Kalau ini terkait sengketa tanah lebih baik dilaporkan kepada instansi yang berwenang, kalau bisa dilakukan mediasi kenapa tidak mediasi. Siapa tahu nanti ada kesepakatan tertentu yang bisa diambil dari dua belah pihak," ujar Mariani, Rabu (16/9/2020).

Lebih lanjut, ia menerangkan pihak Ombudsman RI tidak bisa masuk ke permasalahan sengketa tanah tersebut dikarenakan kasus perdata sebab ada lembaga yang berwenang terkait itu.

"Ombudsman masuknya ketika warga yang mengajukan mediasi namun bila tidak direspon, kami melihat dari pelayanan saat pemberian fasilitas tersebut. Kalau memang tidak ada jalan keluar kemudian harus ke pengadilan itu tergantung pihak mediasinya," jelas Mariani.

Terkait ada atau tidaknya maladministrasi dalam permasalahan ini, ia menyebutkan perlu melihat terlebih dahulu kepemilikan awal, harus ada dokumen yang membuktikan.

"Memang harus dicek dulu, itu mungkin sebenarnya bisa diselesaikan dalam melihatnya di kantor pertanahan itu terdaftar atau tidak sertifikatnya sebagai aset Pemkot. Karena kabarnya memang ada aset pemerintah yang diklaim namun tidak ada sertifikat, kan ada juga beberapa yang seperti itu," kata Mariani.

Dijelaskannya, penanganan yang dilakukan Ombudsman RI pun dari waktu kejadian ada batasan waktu yakni tidak lebih dari dua tahun terakhir.

"Kita perlu ada laporan terlebih dulu, itu pun sesuai subtansi kami melihat dari segi pelayanannya. Namun laporan juga harus ada syarat formilnya, sehingga kami pun ada kewewenagan pemeriksaan lebih lanjut," tutur Mariani.

(*)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved