Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Peningkatan Layanan KUA Diharapkan Dapat Meningkatkan IKM Terhadap Pelayanan Kementerian Agama

Kantor Kemenag Pangkalpinang melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan KUA.

Istimewa/Kemenag Pangkalpinang
Kepala Kantor Kemenag Pangkalpinang, H Abdul Rohim saat memberikan sambutan, Rabu (16/9/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan KUA dengan tajuk 'Melalui Kegiatan Peningkatan Layanan KUA, Mari Kita Tingkatkan Profesionalitas dan Akuntabilitas Menuju Pelayanan Prima' bertempat di Budget Hotel Pangkalpinang, Rabu (16/9/2020).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Pangkalpinang, H Abdul Rohim didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, H Firmantasi dan diikuti oleh 12 orang peserta yang merupakan para Kepala KUA dan Staf KUA Kecamatan di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

H Abdul Rohim mengatakan bahwa kegiatan tersebut penting untuk digelar sebagai upaya memberikan wawasan tambahan serta merefresh ulang pemahamaan rekan-rekan yang bertugas di KUA dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"KUA adalah Kementerian Agamanya Kecamatan, bukan hanya masalah kepenghuluan yang berkaitan dengan nikah dan rujuk yang mereka tangani, akan tetapi juga masalah-masalah lain yang berkaitan dengan pembinaan umat," ujar Rohim dalam rilis kepada bangkapos.com, Rabu (16/9/2020).

Oleh karena itu, ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan in bahwa peningkatan layanan pada KUA dapat meningkatkan IKM (Indeks Kepuasaan Masyarakat) yang terwujud melalui peningkatan profesionalisme dan akuntabilitas para pelaksana layanan di KUA tersebut.

"Perkembangan pelayanaan masyarakat di di masa pandemi Covid-19 ini, mengalami dinamika yang mengharuskan banyak pelayanan dilakukan secara online, karena ternyata perkembangan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Pangkalpinang terus mengalami peningkatan sehingga KUA pun diharapkan dapat mempersiapkan media pelayanan secara online dan tetap melindungi diri dengan menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Dilanjutkannya, untuk menyiasati hal tersebut, di KUA wilayah Kota Pangkalpinang saat ini juga telah disiapkan hand sanitizer, masker dan peralatan lain guna mendukung pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tersebut.

"Protokol kesehatan tersebut juga tetap diterapkan saat mereka melaksanakan tugas pelayanan, baik di kantor maupun di tengah-tengah masyarakat," terangnya.

Ia berharap besar kepada para pelaksana di KUA sebagai ujung tombak pelaksanaan pelayanan Kemenag di masyarakat, yang harus memberikan pelayanan terbaik dan prima. Sehingga dapat menjadi rujukan utama bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan terkait masalah-masalah keagamaan, terutama untuk masalah nikah, rujuk, haji dan lain sebagainya.

"Semua hal terkait pelayanan dan regulasi yang ada, juga harus dipublikasikan, sehingga tidak terjadi lagi kasus-kasus nikah sirri dan nikah dibawah umur, karena sudah tersosialisasikan dengan baik melalui para penghulu dan Kepala KUA," katanya.

Beliau pun berharap agar peran dan tugas-tugas kepenghuluan serta pelayanan keagamaan lainnya di KUA dapat berjalan dengan lebih optimal, sehingga pada akhirnya nanti dapat meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Kementerian Agama.

(*)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Rusaidah
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved